-->

Iklan

gudnyus
12 Juni 2019, 11:05 WIB
Last Updated 2019-06-12T04:06:28Z
Travel

Etika Berwisata ke Jepang, Mulai Dari Makan Hingga Ke Pemandian Umum

Advertisement
Foto: Lingual-ninja.com

Gudnyus.id - Jepang memang tidak ada habisnya untuk dipelajari. Semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang ingin pergi ke Jepang, membuat Pemerintah Kota Hokkaido baru-baru ini meluncurkan panduan beretika khusus untuk turis, lho.

Panduan ini dikeluarkan agar para wisatawan dapat lebih memahami kebudayaan Jepang yang berbeda dengan kebanyakan negara asal turis. Diharapkan dengan diluncurkannya panduan ini, dapat mencegah terjadinya culture shock, atau bahkan perselisihan antara warga lokal dengan wisatawan.

Panduan yang dikeluarkan ini terdiri dari 5 point yang berbeda.

1. Etika Kesopanan
Yang pertama adalah mengenai kesopanan. Orang Jepang terkenal akan kepribadian mereka yang sopan dan tidak berlebihan. Mereka menunjukkan kesopanan mereka dengan berbicara dengan sangat pelan terlebih di tempat-tempat umum, supaya tidak mengganggu orang lain.

Selain itu, mereka juga akan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang akan membuat orang lain tidak nyaman, seperti menghindari bersendawa di tempat umum. Jadi, jangan bersendawa ketika sedang makan, karena itu dianggap kurang sopan bagi orang lokal.

2. Etika Bermasyarakat
Point kedua memuat aturan agar hidup harmoni di tengah masyarakat, antara lain harus tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, selalu tertib dan tidak memasuki properti orang lain tanpa seizin pemiliknya.

3. Etika Makan
Point ketiga adalah mengenai kebiasaan makan orang Jepang. Ketika makan, kamu harus memperhatikan kebersihan makanmu, dan tidak menyisakan makanan karena hal tersebut dianggap tidak sopan. Apabila kamu membeli makanan buffet, jangan sampai kamu memasukkan makanan dan minuman tersebut ke dalam tempat bekalmu, ya.


4. Etika Pemandian Umum
 Point keempat adalah mengenai etika di pemandian umum. Seperti yang sudah kamu ketahui, orang Jepang sangat suka dengan namanya berendam di pemandian umum. Apabila wisatawan juga ingin coba mandi di pemandian umum, mereka tidak boleh risih.

Cobalah bersosialisasi dengan telanjang bulat karena itulah kebiasaan orang lokal. Lalu, jangan lupa untuk membasuh badanmu sebelum kamu berendam. Kamu juga tidak boleh berfoto-foto di pemandian umum, dan keringkanlah badanmu sebelum memasuki ruang ganti.

5. Etika Budaya Lokal
Kemudian point yang terakhir adalah panduan mengenai perbedaan kebiasaan antara turis dan orang lokal Jepang. Baik itu mengenai akomodasi penginapan, asuransi, etika ketika di toilet, dan mengenai keaslian barang yang diperdagangkan di Jepang.

Panduan-panduan ini sangat berguna untuk para wisatawan yang akan berlibur ke Jepang. Berlibur ke negeri orang, sebaiknya ketahui dan hormati etika-etika yang ada di sana ya.

Sumber: HIS Travel
Foto : en.visit-hokkaido.jp