Iklan

gudnyus
20 Agustus 2019, 12:00 WIB
Last Updated 2019-08-20T05:01:13Z
Insight

5 Fakta Tentang Bandung Yang Perlu Kamu Tahu

Advertisement

Gudnyus.id – Bandung??? siapa yang tidak tau Bandung, kota yang diberikan julukan kota kembang ini mungkin karena di dalamnya ada banyak sekali wanita cantik, hehehe. Coba main ke Bandung deh kalau enggak percaya.

Selain itu Bandung dikenal pula dengan kota mode atau kota fashion, jangan heran kalo ke Bandung liat anak mudanya keren-keren abis gayanya, ditambah lagi golongan tuanya yang mengikuti tren namun tetap dalam batas wajar. Namun dari semua keistimewaan itu, ada banyak juga hal unik lainnya di kota Bandung. Ingin tahu? Berikut ulasannya:

1. Bus Bandros (Bandung Tour on bus)
Bus ini menjadi salah satu ikon kota Bandung dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara ketika melancong ke kota Bandung. Kendaraan yang asal namanya dari Bandung Tour On Bus ini diperuntukan untuk mengantarkan turis berwisata mengelilingi Kota Bandung dengan rute yang memungkinkan wisatawan melihat landmark dan keunikan kota. Tarifnya murah serta mudahnya untuk diakses.

Kalau kalian yang sudah pernah ke Bandung pasti udah enggak asing lagi melihatnya, bus ini mengelilingi tempat tempat bersejarah bukan hanya sekedar berkeliling tapi ditambah juga penjelasan dari sejarahnya oleh seorang tour guide. Bus ini rekomen banget buat kalian yang mau tau tempat – tempat bersejarah di Bandung, daripada kalian sewa kendaraan yang kemungkinan bisa terkena macet dan nyasar, hehehe.

2. Banyak lahirnya gerakan-gerakan sosial
Kota kembang Bandung memiliki euforia yang mendukung terciptanya gerakan-gerakan sosial, ditambah lagi dengan masyarakatnya yang peduli dan inisiatif. Pemerintahnya pun terus berinovasi, para pengusahanya altruis, dan medianya siap mengabarkan hal baik ini ke seluruh dunia.

Kolaborasi ini sudah banyak menciptakan gerakan-gerakan sosial yang gaungnya sudah terdengar dari nasional hingga internasional, seperti Bandung Berkebun, Gerakan Pungut Sampah, dan masih banyak lagi.

3. Kota Kembang Bandung salah satu kota yang memiliki bioskop pertama di Indonesia
Industri film Indonesia yang semakin tahun semakin banyak membuat para penikmatnya semakin tergugah untuk selalu menonton film – film terbaru. Untuk mengabulkan rasa penasaran para penikmat film, kota Bandung dipilih sebagai kota pertama yang menghadirkan bioskop.

Bioskop di kota Bandung ini laris memutarkan film perdananya yaitu film “Lutung Kasarung “ pada tahun 1926. Bahkan penobatan bioskop yang paling besar pun terdapat di Blitz Megaplex Paris Van Java Bandung.

4. Tempat Konfrensi Asia - Afrika
Pada tahun 1955, kota Bandung menjadi tuan rumah berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika. Pertemuan antarnegara Asia Afrika itu menyuarakan semangat anti kolonialisme. Bahkan dalam pidatonya, Perdana Menteri India saat itu Jawaharlal Nehru mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

Dan tempat ini masih terawat hingga kini, kalian bisa menyambanginya lokasinya tepat di jalan asia afrika, kalau kalian pernah nonton film yang berlatar di kota kembang biasa suka diperlihatkan, salah satunya di film dilan.

5. Perguruan Tinggi Teknik pertama di Indonesia
Bandung merupakan kota pertama di Indonesia yang berhasil mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Teknik yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng - TH Bandung atau sekarang dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung - ITB.

Dan hingga saat ini kurang lebih ada  100 Perguruan Tinggi yang tercatat ada di Bandung. Bisa dikatakan disana banyak sekali pelajar, jadi jangan heran kalau Bandung jadi salah satu kota yang tidak ada matinya.

Gimana, apakah kalian ingin mengunjungi Bandung, kalau kalian ke Bandung rasanya gak pingin pulang dan malah ingin menetap disana, perkembangan fashion disana sangat cepat dengan didukung banyaknya factory outlet ditambah lagi kuliner dan wisatanya, aduhhh jadi bikin suka banget sama kota ini, kalau kalian pergi, kota ini tuh ngangenin kalau gak percaya coba deh. Bandung selalu terbuka untuk semua orang.

Foto :  unesco