Iklan

gudnyus
20 Agustus 2019, 12:59 WIB
Last Updated 2019-08-20T06:01:24Z
Insight

5 Jenis Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia

Advertisement
  
Gudnyus.id - Sebagai pelajar, pastinya memiliki mimpi untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya guna meraih cita-cita dan memajukan bangsa. Nah, untuk menggapai itu kamu mesti mengenali jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia agar minat, bakal, dan ilmu yang ingin didapat sesuai yang dicita-citakan. Berikut 5 jenis Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia yang wajib kamu ketahui

1. Universitas
Universitas merupakan jenis pendidikan tinggi yang menyediakan rumpun ilmu paling luas dibanding jenis pendidikan tinggi lainnya. Universitas terbagi ke dalam sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan Akademik (terfokus pada pengembangan ilmu) dan/atau Vokasi (terfokus pada keahlian bidang terapan/kerja).

Universitas juga bisa menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya, rumpun ilmu agama (syariah, ekonomi islam, ilmu penerangan agama Hindu, dan sebagainya), rumpun ilmu humaniora (filsafat, sejarah, bahasa, dan sebagainya), rumpun ilmu sosial (sosiologi, psikologi, ekonomi, dan sebagainya), rumpun ilmu alam (ilmu angkasa, ilmu kebumian, kimia, dan sebagainya), rumpun ilmu formal (komputer, matematika, statistika, dan sebagainya) dan rumpun ilmu terapan (pertanian, arsitektur dan perencanaan, bisnis, dan sebagainya)

2. Institut
Institut adalah perguruan tinggi yang menjalankan Pendidikan akademik dan pendidik vokasi dalam rumpun Ilmu dan teknologi tertentu. Letak perbedaannya dengan universitas adalah cakupan ilmu yang dipelajari berfokus pada teknik dan/atau teknologi disbanding universitas yang cakupannya sangat luas. Sebagai contoh Institut Teknologi Bandung, Institut Seni Yogyakarta dan lain sebagainya.

3. Sekolah Tinggi
Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelengggarakan Pendidikan yang memfokuskan pada bidang ilmu tertentu baik teknologi maupun seni. Selain itu, cakupan ilmu sekolah tinggi juga juga lebih sempit dibanding universitas, sehingga hanya berfokus pada satu rumpun ilmu pengetahuan. Sebagai contoh; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, berfokus pada ilmu pengetahuan seputar ekonomi, Sekolah Tinggi Agama Islam, berarti berfokus pada ilmu pengetahuan bidang tertentu mengenai agama islam dan Sekolah Tinggi lainnya.

4. Politeknik
Politeknik sendiri adalah perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan berbasis vokasi serta mendalami rumpun ilmu tertentu baik teknologi maupun ilmu pengetahuan lainnya. Politeknik sendiri menyelenggarakan Pendidikan yang diharapkan para lulusannya bekerja langsung sesuai bidang keahliannya. Contoh; Politeknik Negeri Batam, Polibatam Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Semarang, dan lain sebagainya.

5. Akademi

Dibanding Politeknik dan Sekolah Tinggi, Akademi hanya menjalankan program Pendidikan pada satu atau beberapa cabang ilmu.  Akademi pada hakikatnya hanya fokus pada keilmuan yang dipelajari sesuai dengan namanya. Jika Akper (akademi keperawatan), maka ia fokus pada pendidikan vokasi keperawatan saja, demikian juga akbid (akademi kebidanan) dan akpol (akademi kepolisian).

Itu dia teman-teman, jenis-jenis perguruan tinggi yang di Indonesia. Dari 5 jenis tadi, apakah kamu sudah menentukan tujuanmu nanti akan melanjutkan kuliah?