Iklan

gudnyus
14 Agustus 2019, 18:00 WIB
Last Updated 2019-08-14T15:34:39Z
Insight

Inilah Pentingnya Keberadaan Ikatan Alumni Di Kampus

Advertisement

Gudnyus.id – Hai buat kalian yang sudah lulus langkahmu masih belum terhenti untuk membantu kampusmu. Sedangkan teruntuk kalian yang sedang berjuang untuk lulus teruslah berjuang meski banyak halang rintang yang ada di didepan mata, kelak akan banyak masa masa yang bakalan kalian rindukan, mulai dari hal sepele hingga hal yang besar.

Namun setelah lulus bukan berarti hubungan kita dengan kampus akan berakhir. Setiap kampus biasanya memiliko sebuah wadah atau organisasi bagi alumni almamaternya. Tahukah kalian ikatan alumni di kampus amatlah penting, seberapa pentingkah? Berikut beberapa pentingnya ikatan alumni di kampus :

1. Menjaga tali silaturahmi

Ya fungsi utama dari ikatan alumni adalah untuk menjaga tali silaturahmi dan komunikasi antar lulusan dengan kampus maupun sebaliknya, dan juga ikatan Alumni berguna untuk mempermudah mendapatkan informasi.

2. Membantu untuk meningkatkan akreditasi
Adakah kaitannya meningkatkan akreditas dengan alumni, kaitannya ialah dengan peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan berbagai kegiatan yang produktif di kampus. Alumni dapat berperan sebagai katalis dengan memberikan berbagai masukan yang kritis dan membangun kepada almamater mereka.

Alumni memiliki posisi yang unik dan strategis karena mereka tidak lagi bagian aktif dalam proses pendidikan di kampus, namun pengalaman mereka selama menjadi mahasiswa dan ikatan batin, serta rasa memiliki yang kuat terhadap almamater dapat menghasilkan dan menawarkan berbagai konsep, ide, pemikiran, masukan dan kritik membangun yang hanya bisa diberikan oleh orang-orang yang sudah pernah mengalami.

3. Membangun Citra Kampus
Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) kampus dan Menambah networking kampus serta sebagi bukti produk kampus. Bagi alumni yang berprestasi dan memiliki kompetensi yang mumpuni dapat memerankan fungsi penting dalam membangun opini publik untuk menarik minat calon mahasiswa dan mahasiswi baru.

Alumni merupakan salah satu acuan yang mendasari keputusan para orang tua dan calon mahasiswa dalam menentukan pilihan kampus. Bila dilihat lihat, jika alumni dari suatu insitusi pendidikan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, dalam memasuki jenjang pendidikan tinggi favorit dan dapat menunjukkan prestasi dan kontribusi secara nyata di masyarakat, kualitas dan kuantitas calon mahasiswa yang berminat untuk mendaftar akan meningkat.

4. Membuka Jalur Kerjasama Dunia Kerja
Selain itu juga peran dari alumni ialah sebagai rantai antara kampus dan sebuah perusahaan untuk membuka jalur kerjasama sehingga meningkatkan kualitas pendidikan dan juga kualitas sumber daya alam yang nantinya bertujuan agar setiap lulusan dapat memiliki daya saing dan kemampuan yang mumpuni, serta alumni dapat menjadi contoh bagi sebuah perusahaan dan calon lulusan unutk memilih dan dipilih.

Kehadiran ikatan alumni akan mendukung sistem pendidikan internal kampus yang baik, dan akan menghasilkan kesinambungan kualitas sumber daya mahasiswa dan alumni yang berkualitas.

Buat kalian yang sudah menjadi alumni, jangan segan dan jangan sombong untuk membagi ilmu yang kalian dapat, serta membantu kampus kalian dulu agar menjadi lebih baik dan membantu kampus untuk menghasilkan, dan meningkatkan lulusan yang memiliki daya saing dan terintegritas.

Jadi buat yang kampusnya sudah memiliki ikatan alumni ada baiknya kita segera mendaftar sebagai anggotanya. Nah bagi yang belum ada, mungkin ini saatnya kamu menjadi inisiator atas lahirnya ikatan alumni di kampusmu.

Foto: polibatam.ac.id