-->

Iklan

gudnyus
1 Agustus 2019, 12:42 WIB
Last Updated 2019-08-01T05:45:37Z
Travel

Selain Masjid Agung, ini 5 Destinasi Wisata Religi di Batam

Advertisement

Gudnyus.id - Hai, sudah tidak asing pastinya kamu dengan kota Batam. Tidak hanya terkenal sebagai Kota Industri, Batam juga memiliki berbagai objek wisata religi yang wajib kamu kunjungi. Apa saja itu? berikut akan diulas. Inilah 5 objek wisata religi yang wajib kamu dikunjungi di kota Batam.

1. Masjid Jabal Arafah
(foto: masjidjabalarafah.com)
Masjid Jabal Arafah menjadi salah satu icon wisata religi yang ada di kota Batam. terletak di pusat bisnis Lubak Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau. Yang menjadikan Masjid ini begitu unik yaitu terdapatnya Menara setinggi 36 meter yang menjadi Icon masjid. Selain itu, juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengunjung, seperti taman, perpustakaan, kantin, dan tempat penjualan souvenir.

2. Vihara Samudra Dharma


(foto: tribunnews.com)
 Siapa yang menyangka, yang dahulunya hanya sebuah gubu kecil berdinding papan kini vihara ini dapat menampung ribuan umat untuk beribadah. Terleta di Lubuk Baja, Batam,Vihara ini di bangun pada 1990 dan terus mengalami perubahan sehingga fungsinya pun tak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga jadi objek wisata religi . Vihara seluas 2 hektare ini, memiliki fasilitas aula, gedung sekolah mini untuk pendidikan agama Budha, kantin, koperasi, serta panggung untuk berbagai acara.

3. Masjid Ceng Ho
(foto: pegipegi.com)
Perpaduan kulturasi antara China, Islam, dan Indonesia begitu kental terasa jika kamu berkunjung ke masjid yang terletak di kecamatan Bengkong, Kota Batam. Masjid ini sebenarnya bukan warisan dari Muhammad Cheng Ho,Masjid ini murni di bangun Batam tanpa ada bantuan dari pemerintah. Baginya, warisan Muhammad Ceng Ho bukanlah sekedar arsitektur bangunan, kebaikan dan dakwahnya-lah yang harus di teruskan.

Masjid dapat menampung jamaah lebih kurang 200 orang. bagi orang awam mungkin akan mengira bahwa bangunan ini adalah klenteng, karena di dominasi oleh wana merah serta ornament khas kaum klenteng. Jangan sampai kau melewatkan destinasi yang satu ini ya.

4. Vihara Budhi Bhakti Batam
(foto: travelingyuk.com)
Objek wisata religi yang sayang jika di lewatkan lainnya yaitu Vihara Budhi Bhakti Di kelola oleh yayasan Vihara Umat Budha Kota Batam, yang di gunakan untuk kegiatan keagamaan. Merupakan klenteng tertua di kota Batam yang dibangun sejak 1970an ini selalu ramai di kunjungi.

Dulunya vihara ini hanya mirip kotak kecil saja, sekarang luasnya sudah ribuan meter. Vihara ini tak hanya menarik pengunjung dari Batam, tetapi dari luar negeri pun juga sering datang ke vihara ini, baik dari Malaysia, Singapura , Korea, dan juga Jepang untuk beribadah.

5. Gereja Khatolik Santo Petrus

(foto: flickr.com)

Terletak di lubuk baja kota Batam, gereja ini merupakan gereja katolik pertama di kota  Batam. dapat menampung 1200 jemaat dan dibangun pada tahun 1959 memiliki gaya  arsitektur gereja yang ada di eropa. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan dari mancanegara juga pernah berkunjung ke gereja ini, seperti dari Singapura, Malaysia, dan lainnya.

Selain keindahan arsitekturnya, Gereja ini juga memiliki fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Terdapat pemandu wisata yang akan mengantarkan kita melihat sekaligus memambah wawasan kita mengenai sejarah gereja ini.

Nah itu 5 objek wisata religi yang sayang jika dilewatkan bila kamu berkunjung ke kota Batam. Jangan sampai terlewat ya