-->

Iklan

gudnyus
31 Agustus 2019, 20:30 WIB
Last Updated 2019-09-03T08:11:47Z
Info

Gelar Seminar Literasi Bongkar Tren Jurnalistik dan Kehumasan, Inilah Program Pejuang Literasi

Advertisement

Gusnyus.id - Pejuang Literasi menggelar seminar literasi dengan tema 'Tren Jurnalistik dan Kehumasan di Era Media Sosial, Sabtu (31/8). Seminar ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Sukaryo sebagai CEO Gudnyus dan Dendi Gustinandar yang merupakan Direktur Humas dan Promosi Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Antusias anak muda untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Hingga malam terakhir mmenurut laporan panitia ada 130 pendaftar, namun kuota yang kami miliki hanya 50 orang. Semoga yang lain bisa bergabung dalam kesempatan dan event yang lebih besar lainnya," jelas Ketua Pejuang Literasi, Nurul Mahfud dalam sambutan membuka acara.

Seminar Literasi ini merupakan hasil kerjasama dari Pejuang Literasi dan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD). Melalui seminar ini diharapkan mampu menumbuhkan minat baca dan menulis di tengah generasi muda kota Batam. Peserta seminar berasal dari sekolah dan perguruan tinggi di Batam.

Nurul Mahfud menjelaskan Pejuang Literasi adalah komunitas yang memiliki komitmen untuk menumbuhkan semangat literasi, khususnya di generasi muda Batam. Komunitas ini telah terbentuk sejak tahun 2018.

"Beberapa program yang telah kami jalankan adalah kampanye literasi dan cipta pojok baca. Kampanye literasi sudah dilakukan di SD Juara dan Kampung Nanas," ujar Mahfud.

Bersamaan dengan itu, Pejuang Literasi juga menghadirkan pojok baca melalui gerakan donasi buku di kedua tempat kampanye literasi. Mahfud menuturkan Pejuang Literasi memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi untuk mengumpulkan buku-buku layak baca dari masyarakat.

"Media sosial ini kekuatannya memang luar biasa. Saat membuka gerakan donasi buku kami pernah mendapat salah satu donatur yang tiba-tiba menghubungi ingin berjumpa mengantarkan buku. Ketika berjumpa kami terkejut, karena ternyata buku yang disumbangkan sangat banyak, satu bagasi mobil penuh buku semua," ungkap dia.

Program lain dari Pejuang Literasi adalah Literasi On Youtube. Program ini berjalan berkat kerjasama dengan media Gudnyus membuat konten youtube dengan tema literasi di berbagai bidang. Secara bergiliran setiap Pejuang Literasi menadapat giliran untuk menjadi host.

"Terakhir kami juga sedang mengadakan program Bikin Buku Bareng. Saat ini kami sedang membuat buku antologi hasil karya anggota Pejuang Literasi dengan judul Seluas Cakrawala," jelas dia.

Dalam kegiatan seminar ini tercatat jumlah peserta yang mendaftar sebagai anggota Pejuang Literasi mencapai 25 orang. "Dengan semakin bertambahnya anggota, semoga semangat literasi di Batam akan semakin kuat dan buku Seluas Cakrawala akan segera rilis," harapnya.