-->

Iklan

gudnyus
6 Oktober 2019, 12:59 WIB
Last Updated 2019-10-21T08:09:58Z
IA PolbatInfo

800 Calon Wisudawan Politeknik Negeri Batam Mendapat Pembekalan dari IA Polbat

Advertisement


Gudnyus.id - Pengurus Ikatan Alumni Politeknik Negeri Batam (IA Polbat) mengisi pembekalan untuk 800 calon wisudawan Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Sabtu (5/10/19). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IA Polbat, Fendi Hidayat bersama Armat Juang dan Yusli Fadly sebagai pembicara.

Ketua IA Polbat, Fendi Hidayat menjelaskan alumni adalah bagian penting bagi perguruan tinggi, khususnya dalam upaya peningkatan akreditasi. Apabila alumni memberikan kinerja yang baik terhadap perusahaan, maka akan membuat penilaian perguruan tinggi menjadi lebih baik. 

"Penyerapan di industri dan kepercayaan perusahaan terhadap kualitas skill lulusan polibatam harus diimbangi dengan moral dan attitude alumni. Ada banyak alumni polibatam yang telah memberikan feedback positif untuk industri, membangun nama baik. Itu sebabnya kita perlu adanya ikatan yang menjaga silaturahim," jelas Fendi.

Menurutnya, seluruh calon wisudawan Polibatam sudah tidak asing lagi dengan dunia kerja karena telah melalui magang. Namun Fendi mengingatkan bahwa tekanan di industri dan perusahaan saat telah benar-benar menjadi karyawan akan lebih berat. Ia pun mengajak alumni polibatam dapat bersinergi dan saling mendukung.

"Ikatan alumni akan besar karena gotong royong kita semua. begitu pula saya harap kita semua dapat saling bekerjasama membesarkan alumni," harapnya.

Pengurus IA Polbat lainnya, Armat Juang menambahkan gotong royong yang selama ini telah dilakukan Alumni telah menghasilkan sejumlah program diantaranya adalah beasiswa mahasiswa tidak mampu dan berprestasi, dana sosial musibah dan menghadirkan kartu keanggotaan alumni.

"Berjalannya program alumni itu adalah berkat sumbangsih calon alumni. Kita bisa membantu adik-adik mahasiswa, lingkungan kita hingga diantara alumni sendiri. Di alumni juga selalu menyampaikan informasi terbaru mulai dari lowongan pekerjaan hingga proyek yang bisa dikerjakan bersama," ungkapnya.

Sementara itu alumni polibatam angkatan 2005 yang juga pengurus IA Polbat, Yusli Fadly memberikan tips kepada calon wisudawan untuk memasuki dunia kerja. Ia membagikan kiat mulai dari menjawab pertanyaan saat diwawancara kerja hingga cara beradaptasi di lingkungan kerja.

"Prinsip utamanya fresh graduate adalah orang yang siap untuk diajarkan. Jangan sombong, saat teman-teman bekerja selalu menghargai orang lain," pesannya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi calon alumni agar dapat berkarir dengan baik di industri dan mengenalkan calon lulusan dengan organisasi alumni polibatam. IA Polbat sebagai organisasi alumni diharapkan bisa membantu alumni Polibatam dalam meningkatkan karir.

Menurut Firman Ardiansyah, salah satu peserta dari jurusan Manajemen Bisnis, pemaparan materi dari para alumni IA Polbat membuka mata mereka untuk bisa menyiapkan diri dalam memulai karir di Industri.

"Kami merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Saya berharap organisasi IA Polbat ini bisa nenjadi penjembatan karir kami di Industri dan senantiasa memberikan pembekalan soft skill bagi kami dan mahasiwa yang masih aktif," harap dia.

Sedangkan Irfan Syahri, salah satu peserta dari jurusan Elektronika Industri mengatakan kegiatan pembekalan dari Alumni sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran bagi calon alumni dalam melihat persaingan di industri.

"Saya berharap IA Polbat bisa membantu calon alumni dalam mencari peluang karir di industri. Kegiatan ini diharapkan bisa rutin dilaksanakan karena memberikan bekal yang baik untuk calon lulusan," ungkap dia.