Iklan

gudnyus
21 Oktober 2019, 13:02 WIB
Last Updated 2019-10-21T08:09:36Z
IA PolbatInfo

IA Polbat dan Gelora Madani Batam Berkolaborasi Gelar Seminar Nasional Parenting

Advertisement

Gudnyus.id
- Ikatan Alumni Politeknik Negeri Batam (IA Polbat) bekerjasama dengan Yayasan Gelora Madani Batam menyelenggarakan seminar parenting dengan tema 'Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Anak', Sabtu (19/10/2019).

Seminar parenting yang menghadirkan pendiri Rumah Inspirasi, Mira Julia ini berlangsung di Aula Lantai 4 kampus Politeknik Negeri Batam. Tak hanya menyampaikan materi, Mira Julia yang akrab disapa mbak Lala juga berdiskusi dengan peserta yang hadir.

"Tantangan pendidikan saat ini adalah perubahan lingkungan sosial yang sangat cepat, cara lama tidak mencukupi, dan kesiapan sistem dan masyarakat untuk beradaptasi," ujar Mira.

Menurutnya, makna prestasi bagi anak tidak hanya sebatas juara kelas, menang kompetisi, kaya raya atau terkenal. Ia mengatakan orang tua perlu menyegarkan makna prestasi, diantaranya anak merasa nyaman dengan diri sendiri, anak memahami kekuatan dan kelemahan diri dan anak memiliki kapasitas bertumbuh serta daya juang.

"Orang tua berperan menyiapkan anak sebagai pembelajar sejati dengan membangun motivasi intrinsik, membangun budaya belajar, melatih keterampilan belajar dan mengasah keterampilan manajemen diri," jelas dia.

Sementara itu Ketua IA Polbat, Fendi Hidayat mengatakan pihaknya sangat mendukung setiap kegiatan dan usaha yang dimiliki oleh Alumni-alumni Politeknik Negeri Batam. Termasuk kegiatan seminar parenting ini dianggap sangat bermanfaat juga bagi alumni polibatam yang telah berkeluarga. Apalagi pendiri Yayasan Gelora Madani Batam juga merupakan Alumni Polibatam.

"Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan kepada Orang tua agar dapat menumbuhkan semangat belajar anak. Harapannya dengan mengikuti kegiatan ini, orang tua dapat menemukan faktor internal anak untuk belajar secara mandiri," ujar Fendi Hidayat.

Seminar nasional parenting ini juga diramaikan dengan beberapa stand bazar milik alumni Polibatam. Menurut Fendi, hal ini bertujuan untuk pengembangan UMKM milik alumni Polibatam.