Iklan

21 Oktober 2019, 14:55 WIB
Last Updated 2019-10-21T09:49:24Z
Insight

Mau Studi Keluar Negeri? Kamu Harus Tahu dan Pertimbangkan 5 Hal Ini

Advertisement


Gudnyus.id - Pilihan untuk belajar di luar negeri adalah sesuatu keputuan yang besar tetapi sangat bermanfaat bagi masa depan kamu. Selain ilmu akademis yang berkualitas, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berharga, asalkan pola pikir anda sudah terarah dan juga tentunya memiliki persiapan yang matang.

Sebelum kamu mengabil keputusan penting, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebagai pelajar :

1. Homesick
Sebelum kamu beranjak memulai peralanan anda di luar negeri, pastikan kamu sudah siap mental dan siap untuk pergi. Selesaikan segala hal yang masih belum beres, kuatkan tekad anda dan buatlah rencana untuk terus berhubungan dengan keluarga dan teman-teman di tanah air walau terpisah jarak. 

Apalagi jaman yang serba internet seperti saat ini, alat telekomunikasi sudah demikian canggihnya. Sindrom yang paling umum terjadi tentang keberadaan yang begitu jauhnya hingga ribuan kilometer adalah kesepian dan homesick. Tentu berada sendiri di negeri asing tanpa orangtua dan keluarga dapat membuat kamu sedih dan rindu rumah. Belum lagi lidah yang belum terbiasa dengan makanan di luar negeri  yang membuat anda kangen dengan makanan khas tanah air atau masakan dapur ibu.  

Jika ini terjadi, ingatkan kembali pada diri kamu tujuan utama studi ke luar negeri. Jadi jangan terlalu terbebani oleh perpisahan yang begitu jauh ini. Ingatlah, kamu pasti akan kembali. Enjoy the ride

2. Pertimbangan yang Matang dan Rasional
Terutama jika kamu tidak pernah atau jarang bepergian sebelumnya, bukanlah ide yang baik untuk mengambil keputusan secara emosional dan langsung pergi tanpa pertimbangan matang. Jika tujuan pilihan kamu awalnya semata-mata terinspirasi hanya oleh novel, hobi, olahraga atau preferensi tertentu misalnya hingga kamu memilih negara tertentu, maka bersiap-siaplah dengan semua konsekuensi di depan. 

Lakukan banyak research mengenai bidang studi dan negara yang dituju, dan tentunya jangan melandaskan keputusan semata-mata karena ada ingin bisa terus shopping di Orchard Road, menonton bola di UK setiap hari atau kuliah di LA karena berharap bisa berpapasan dnegan artis Hollywood misalnya. Periksalah situs yang relevan untuk informasi yang berguna tentang akomodasi, biaya hidup dan budaya di negara tersebut. 

Informasi dari kenalan, konsultan pendidikan, dan juga pelajar yang sudah bermukim dan studi di negara tersebut merupakan masukan yang berharga. Sekarang ini sudah banyak Perhimpunan Pelajar Indonesia di luar ngeri yang sangat  terbuka terhadap pelajar baru. Anda bahkan sudah mendapatkan teman baru sebelum anda mulai kuliah!

3. Go Beyond Study
Selain dari lulus dengan sertifikat universitas luar negeri, kamu juga harus mengidentifikai tujuan kamu belajar di luar negeri. Jika kamu hanya menginginkan sertifikat institusi di luar negeri, ada banyak cara untuk mendapatkanya. 

Namun mulailah memikirkan tujuan yang lebih kecil dan dapat dicapai, seperti berteman dengan sekelompok penduduk setempat, melakukan perjalanan kota-kota yang berbeda atau bahkan bekerja paruh waktu. Tujuan-tujuan kecil akan memungkinkan anda memaksimalkan pengalaman kamu dengan waktu yang terbatas. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya!

4. Berhati-hati Tapi Tidak Anti Sosial

Kemungkinan besar, kamu akan sendirian ketika pertama kali pindah ke luar negeri, tentunya wajar jika kamu harus berhati-hati dengan setiap orang yang kamu temui. Tetapi juga janganlah  menjadi seseorang yang anti sosial. Meskipun kamu tidak pernah yakin dengan niat orang lain, orang yang hidup sendiri merupakan korban yang mudah bagi siapapun yang ingin berbuat jahat. 

Maka dari itu, keluarlah keluar, temui dan bertemanlah dengan teman kampus atau komunitas tertentu, bersikaplah dengan ramah dan berusahalah untuk berhubungan dengan mereka. Kamu akan segera memiliki teman-teman yang dapat diandalkan.


5.  Akrab dengan budaya
Walaupun culture shock  membutuhkan beberapa waktu untuk membiasakan diri, tidak ada alasan untuk tidak pergi keluar dan mengalami hidup di luar negeri sepenuhnya. Jadi belajarlah bahasa baru, pahami culture dan value yang ada disana dan bergaul dengan penduduk setempat. Tidak lama, kamu akan menemukan diri anda merasa seperti di rumah.


Itu dia beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk melanjutkan studi keluar negeri, ingatlah dengan tujuan utama kamu. Jangan pula ragu atau malah melenceng dari niat, persiapkanlah dengan matang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Sumber Foto: pexels.com