-->

Iklan

Bhama
15 Oktober 2019, 08:41 WIB
Last Updated 2019-10-15T01:41:16Z
Wow

Tips Bertahan Hidup di Tanggal Tua Agar Dompet Tak Menjerit

Advertisement

Gudnyus.id - Buat kalian pasti pernah dengar dong dan mengalami namanya tanggal tua? bener enggak? apalagi  buat kalian anak kost atau anak rantau bahkan karyawan suatu perusahaan. Tanggal tua merupakan tanggal yang menyeramkan, sebab di tanggal itu kondisi kantong kamu sedang menjerit-jerit, dan kondisi perut sedang meronta-ronta serta isi kepala sedang kebakaran.

Namun bagi sebagian orang tanggal tua bukanlah tanggal yang berat, loh kok bisa? mungkin saja dia bisa memenegemen keuangannya dengan baik dan benar. Bukan berarti yang menganggap tanggal tua itu serem tidak pandai dalam mengatur keuangan akan tetapi ada beberapa hal yang mungkin urgent dan tidak terduga. 

Tanggal tua dengan kondisi kantong sedang menjerit biasanya terjadi karena kita belum bisa mengatur pendapatan dengan baik. Sehingga sebelum gaji kalian turun di bulan selanjutnya, gaji di bulan ini sudah habis sepenuhnya.

Sehingga, kita akan mencari berbagai cara beserta solusi ataupun menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pemasukan  tambahan demi kelangsungan hidup. Nah, ini yang berbahaya kalau sudah sampai tahapan menghalalkan segala cara, hal ini yang dapat merugikan anda dan orang lain.

Agar terhindar dari hal seperti itu alangkah baiknya kalian mencoba tips seperti berikut ini, untuk bisa melewati fenomena di tanggal tua tanpa perlu khawatir lagi.

1. Bawa Bekal dari rumah

Ketika tanggal tua menghampiri, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menghemat pengeluaran untuk jajan di luar. Hal ini dapat kita akali dengan membawa bekal dari rumah untuk makan di kantor atau diluar tidak usah malu, bahkan hal ini jauh lebih baik dan sehat untuk kalian.

Usahakan untuk  membiasakan diri memasak sesuatu sebelum berangkat kerja atau berpergian. Tips ini memang sulit dijalankan bagi kalian yang tidak sempat membuat bekal atau terlambat bangun pagi.

2. Kurang-kurangi Nongkrong di luar

Mall, Cafe, kedai kopi, angkringan, dan warmindo sering menjadi tujuan kita untuk menghibur diri dan nongkrong sembari berbincang-bincang dengan teman-teman. Kebiasaan ini yang membuat tingkat hedonisme kita semakin meningkat.

Sekalipun urusannya penting, kita bisa berkumpul di rumah, baik itu rumah saya ataupun dirumah teman sembari minum secangkir kopi atau teh panas dengan camilan sederhana. Tentu lebih hemat dibandingkan membeli kopi di cafe yang harganya tidak masuk akal selain itu hal ini jauh lebih berasa kesan kebersamaan dan kekeluargaanya.

3. Manfaatkan promo-promo yang ada

kita biasa menggunakan promo-promo yang ada terutama bagi kalian yang terbiasa menggunakan transportasi umum yang highclass contoh seperti taxi dsb. Kalian bisa mencoba dan menggunakan transportasi online menuju tempat bekerja atau berpergian dan kembali pulang ke rumah.

Jangan lupa memakai kode promo agar tarifnya jauh lebih murah. Tentu saja hal ini bisa mengurangi budget transportasi di akhir bulan, atau kita  bisa membeli paket hemat transportasi online yang kini sudah banyak ditawarkan. 

Berbeda halnya jika kita terbiasa menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkot. Kalian bisa membeli dan menggunakan kartu gratis khusus yang disediakan oleh pemerintah, hitung-hitung menghemat biaya transportasi lah. Gak usah gengsian yang terpenting adalah kita berangkat dan sampai tujuan dengan selamat sekaligus menghemat pengeluaran.

4. Hindari Pusat Perbelanjaan

Ini nih, hal yang utama dan sangat sulit untuk dihindari. hal di tanggal tua sangat identik dengan menghemat pengeluaran, salah satu tips yang bisa dilakukan ialah tidak jalan-jalan ke tempat perbelanjaan. Biasanya, kesulitan menahan diri untuk hal ini sering terjadi pada wanita apalagi jika melihat diskon.

Kalau hanya sekedar berjalan-jalan menelusuri mall dari lantai bawah hingga lantai paling atas itu tidak masalah. Yang menjadi permasalahan adalah, kita khilaf mengeluarkan isi dompet pada setiap toko yang kita lewati secara tidak sengaja. Waduh, bahaya sekali kalau sampai tidak bisa tahan untuk belanja saat pada saat tanggal rawan hahaha..

5. Cari pekerjaan sampingan

Hal ini sering terjadi terutama pada tanggal tua, tidak akan menjadi masalah apabila kita memiliki cadangan pekerjaan lain yang berpenghasilan. Meskipun tidak besar, itu dapat membantu keuangan yang sedang kritis di akhir bulan tidak hanya dilakukan diakhir bulan saja disaat waktu luang atau waktu tertentu itu akan jauh lebih baik.

Dari hal seperti ini bisa membuat kita menjadi lebih sigap dan siap dalam memenegemen keuangan bahkan kita bisa membuka usaha kecil-kecilan agar pada setiap akhir bulan tidak kebingungan akibat kantong yang menjerit-jerit.

Sumber foto : Pixabay.com