-->

Iklan

24 Januari 2020, 11:02 WIB
Last Updated 2020-01-24T04:02:13Z
Insight

Macam-macam Tulisan Non fiksi

Advertisement
Gudnyus.id - Pasti kamu pernah mendengar tulisan non fiksi dan kamu pasti juga tahu definisinya. Tulisan non fiksi adalah karya tulisan yang berisifat baku dan berdasarkan fakta. 

Tulisan non fiksi berisi klasifikasi untuk setiap karya informatif yang pengarangnya dengan itikad baik bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disajikan. Berikut ini macam-macam tulisan non fiksi yang perlu kamu ketahui.

1. Esai
Esai adalah sebuah karangan pendek tentang sesuatu fakta yang dikupas menurut pandangan penulis. Dalam sebuah esai, pikiran maupun perasaan dan keseluruhan pribadi penulisnya tergambar dengan sangat jelas. Hal tersebut disebabkan karena esai merupakan ungkapan pribadi penulisnya terhadap fakta atau peristiwa dan biasanya penulis mengalaminya secara langsung.

2. Artikel
Pengertian dari artikel adalah sebuah tulisan yang memuat tentang pendapat, ide, atau fakta yang bisa menghibur, mendidik ataupun mengkritisi suatu masalah berdasarkan teroi yang ada serta fakta di lapangan. Artikel tersebut bisa diduplikasi melalui media massa baik online dan offline atau media cetak.

3. Kritik
Kritik adalah sejenis artikel yang berisi tentang analisis terhadap sesuatu hal, baik itu menunjukkan keunggulan atau kelemahan dari hal tersebut. Bisa disampaikan melalui tulisan maupun penyampaian langsung dari lisan

4. Sejarah
Sejarah adalah cerita yang tentang zaman lampau sesuatu masyarakat berdasarkan sumber-sumber tertulis maupun tidak tertulis. Di dalam penulisan artikel sejarah, seorang penulis biasanya harus pandai-pandai dalam menggunakan daya khayalnya. Hal tersebut dikarenakan biasanya fakta sejarah itu sangat terbatas dan tidak lengkap, sehingga untuk menggambarkan keadaan di masa lalu, seorang penulis harus merekonstruksinya berdasarkan daya khayal atau imajinasinya sendiri, sehingga peristiwa itu menjadi lengkap dan mudah untuk dipahami. 

5. Biografi
Biografi adalah sebuah artikel yang memuat tentang riwayat hidup atau cerita tentang hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Menulis biografi ini sangatlah tidak mudah karena seorang penulis biografi diharapkan mampu menghadirkan kembali jalan hidup seseroang berdasarkan sumber-sumber atau fakta yang telah dikumpulkannya.

6. Autobiografi
Autobiografi adalah tulisan sejenis biografi, tapi ditulis langsung oleh tokohnya sendiri. Selain itu autobiografi juga bisa ditulis oleh orang lain berdasarkan atas penuturan dan sepengetahuan tokoh yang bersangkutan atau memakai jasa penulis untuk menuliskan langsung dari tokohnya,

7. Catatan harian
Catatan harian atau semacam diary kehidupan adalah sebuah tulisan yang menggambarkan tentang aktivitas penulis secara berurutan. Catatan harian ini bisa memiliki kadar sastra tinggi (bahkan bisa lebih tinggi melebihi karya sastra lainnya) apabila dituliskan secara spontan, tidak terkesan dipaksakan). Mungkin kamu juga salah satu orang yang pernah menulis catatan harian saat senang atau galau? 

8. Memoar
Sebenarnya memoar adalah sebuah autobiografi. Namun yang membedakan adalah bahwa memoar yaitu hanya sebatas pengalaman tokohnya saja. Sebagai contoh adalah peristiwa-peristiwa  yang dialami tokoh selama kurun waktu tertentu dan biasanya diceritakan secara padat

Dari beberapa jenis-jenis tulisan non fiksi, apa kamu pernah menulis salah satunya? Terus asah kemampuan menulismu, dan sebarkan ide dan gagasanmu agar bermanfaat bagi orang banyak. 

Foto: Pixabay.com