-->

sponsor

sponsor
27 Januari 2020, 14:05 WIB
Last Updated 2020-01-27T07:05:58Z
Insight

Macam-macam Tulisan Nonfiksi : Artikel Opini

Advertisement
Gudnyus.id - Kamu pernah baca artikel? Tentu pasti pernah kan. Ada banyak sekali jenis artikel yang tersebar saat ini. Diantara jenis itu ada yang namanya artikel opini. Kali kita akan bahas bersama.

Artikel Opini merupakan tulisan yang berisi opini atau pendapat yang menguak tuntas suatu fenomena atau masalah tertentu yang sifatnya aktual dan atau kontroversi dengan tujuan menginformasikan, mempengaruhi dan meyakinkan pembacanya. Artikel opini juga tidak terkait dengan berita atau laporan tertentu.

Biasanya, artikel opini menekankan pendapat pribadi penulis yang memperkuat argumen logis dan pemikiran kritis terhadap  suatu masalah yang aktual.

Seperti yang dibilang tadi, artikel opini bukanlah berita. Berita adalah tulisan yang berdasarkan fakta di lapangan, sedangkan artikel opini merupakan hasil ide, gagasan serta pendapat penlulis. Adapun yang dibahas dalam sebuah artikel opini merupakan masalah sosial, politik, hingga kebudayaan.

Artikel opini juga juga sering dimuat dalam surat kabar atau media massa elektronik. Karena tempatnya terbatas, artikel opini biasanya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 4-6 halaman kuarto spasi ganda. Artikel yang biasanya untuk dibaca dalam sebuah jurnal (ilmiah) disajikan secara lebih rinci, berkisar 15-30 halaman kuarto spasi ganda. 

Berbeda dengan jurnal yang ditulis dengan gaya ilmiah akademis, pembaca artikel opini untuk koran atau majalah adalah masyarakat umum, dengan berbagai usia dan tingkat pendidikan

Sebagian media massa sering menyediakan beberapa artikel opini yang membahas materi tertentu. Untuk segi peluang sendiri, artikel opini lebih banyak ruangnya dibanding puisi atau cerpen.

Itulah sedikit ulasan mengenai artikel opini yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan teman-teman. Rajin membaca dan teruslah berkarya!

Foto : titahsurga.com