7 Januari 2020, 20:36 WIB
Last Updated 2020-01-07T13:36:52Z
Insight

Penulis Wanita Kontemporer yang Berpengaruh di Indonesia

Advertisement

Gudnyus.id - Bagi kamu penggemar sebuah karya sastra baik itu novel, hikayat, cerpen dan sebagainya pasti sudah tidak heran dengan nama Ayu Utami, Djenar Maesa Ayu, Andrea Hirata, Buya Hamka dan penulis hebat lainnya.
 
Indonesia sendiri telah banyak melahirkan penulis hebat yang karyanya dikenal hingga penjuru negeri. Diantara penulis itu banyak juga yang telah memunculkan penulis wanita dengan karyanya yang begitu dikenal. Bahkan beberapa diantara karya tulisannya diadaptasi ke film layar lebar. Kali ini Gudnyus akan mengulas 4 penulis wanita kontemporer paling berpengaruh di Indonesia

1. Feby Indriani
Foto : Ubud Writers Festival
Salah satu penulis wanita kontemporer yang terkenal di Indonesia adalah Feby Indriani. Penulis dan jurnalis ini telah mencetak banyak karya yang berfokus pada wanita dan kaum minoritas. Kumpulan cerita pendek miliknya, Bukan Perawan Maria (Not Virgin Mary) 2017 telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dipuji karena pendekatannya yang jenaka, kritsis, serta empiris terhadap Islam. Karyanya juga dibahas oleh media nasional dan internasional seperti The Australian BBC, dan Deutsch Welle.

2. Intan Paramiditha
Foto : instagram/@sihirperempuan
Intan Paramiditha merupakan seorang penulis dan akademisi yang mengajar kajian film dan media di Macquarie University, Sydney. Beliau merupakan salah satu pejuang yang bergerak di bidang literasi. Perempuan kelahiran Bandung ini selalu aktif dalam menuangkan pemikiran kritisnya terhadap isu-isu gender, seksualitas, dan politik. Karya-karyanya sudah di terjemahkan ke dalam bahasa asing baik Inggris maupun Jerman. Kumpulan Sihir Perempuan terpilih sebagai nominasi dalam Khatulistiwa Literary Award pada tahun 2005. 

3. Laksmi Pemuntjak
Foto: scdc.binus.ac.id
Tahun film Aruna dan Lidahnya? Jika ia kamu pasti siapa penulis di balik novel bertema kuliner tersebut. Beliau merupakan penulis wanita Indonesia yang telah sukses menerbitkan berbagai karya: novel, esai, artikel, tulisan kuliner, dan juga syair. 

4. Rain Chudori
Foto: instagram/@rainchudori
Dan penulis wanita kontemporer yang terakhir adalah Rain Chudori. Beliau merupakan anak dari penulis kondang Indonesia, Leila S. Chudori. Rain Chudori merupakan kurator, penulis skenaria dan aktris. Hasil karyanya juga termasuk dalam jajran buku bestseller seperti Biru dan Kisah-kisah Lainnya, Campassion, Imaginary City, dan Monsson Tiger.

Itu dia ulasan singkat mengenai penulis wanita kontemporer yang terkenal dengan karyanya yang begitu berpengaruh. Semoga kamu juga bisa meraih sukses seperti mereka.