-->

Iklan

Bhama
7 Januari 2020, 12:34 WIB
Last Updated 2020-01-07T05:34:05Z
Insight

Tips dan Motivasi Menulis bagi Pemula

Advertisement

Gudnyus.id - Buat kamu yang ingin mencoba dan memulai untuk menulis enggak perlu takut dan minder dengan orang yang sudah memulai. Mereka juga dahulunya sama seperti kamu takut-takut namun setelah mencoba malah ketagihan.

Menulis itu susah susah gampang tergantung apa yang mau kamu tulis dulu. Mulailah dengan pembahasan tulisan yang ringan agar kamu tidak terlalu berat memilalah kata-kata dan kalimat. Kalau kamu masih ragu, inilah beberapa tips dan motivasi biar kamu enggak ragu dan takut.

Hal utama yang harus dimiliki calon penulis pemula seperti kamu yaitu keyakinan, atau motivasi  menulis dan juga Kenapa kamu harus menulis?

Jika kita lihat jejak penulis besar seperti menyitir pandangan Imam Al-Ghozali yang mengatakan “Kalau kamu bukan anak raja atau bukan anak ulama besar,  maka jadilah penulis”.

Anak raja yang dikatakan Imam Ghozali dimaksudkan sebagai pewaris tahta sang ayah yang menjadi seorang raja. Artinya, tidak usah bersusah payah sekalipun anak raja akan terwarisi kebesaran ayahnya. Begitu juga anak ulama besar. Tidak perlu berusaha ini dan itu, dia pasti akan dihormati dan memiliki kharisma berkat kebesaran ayahnya.

Tapi orang biasa? dari mana dan dari siapa dia akan mendapat warisan derajat sosial itu? Siapa yang akan menghormatinya, siapa yang akan mengenang namanya jika ia mati bila tidak membuat karya besar. Orang biasa akan dikenang sebuah karya dan sikapnya oleh orang lain ketika dia telah tiada.

Jika kamu bukan dari dua golongan strata sosial di atas, maka menulislah. Seseorang yang memiliki kemauan kuat menjadi penulis pasti akan selalu berusaha belajar sungguh-sungguh serta fokus dan konsentrasi. Dari situ, maka  seseorang akan gemar pada ilmu-ilmu yang dijumpainya, mencatat, dan kemudian menuliskan.


Adapun Tips menulis untuk kamu yang ingin mencoba menulis :

1. Menulis apa yang ada dipikiran kamu

2. Tidak perlu terikat dengan aturan menulis

3. Cobalah untuk meniru, memodifikasi, dan mulailah berinovasi

4. Perbanyak baca buku dan menonton film

5. Mulailah dengan tulis tangan

6. Belajar dari penulis lain

7. Buatlah jadwal untuk menulis agar rutin

8. Ingat alasan kamu menulis

Motivasi menulis juga dilontarkan oleh penulis besar sastra yaitu Pramudya Ananta Toor dalam sederet karyanya, Pramudya mengatakan “Orang boleh pandai setingi langit, tapi selama ia tidak  menulis, dia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah.  Menulis adalah  bekerja untuk keabadian”.

Menulis bisa menjadi ladang amal dan juga profesi yang mendatangkan sejumlah uang atau keduanya itu tergantung bagaimana kamu membawanya. Dalam bentuk apapun motivasinya, menulis merupakan kegiatan yang sangat baik.

Menulis adalah aktifitas yang berhubungan dengan kebiasaan. Siapa pun bisa menulis jika mau terus belajar dan rutin berlatih menulis. Karna bakat tidak selalu diwarisi namun bakat harus dikejar dan dibangun agar dapat tersalurkan.

Satu hal lagi yang penting untuk dicamkan bagi kamu penulis pemula. Menulislah apa yang kamu sukai dan alami. Jangan menulis sesuatu yang tidak kamu pahami. Dengan begitu, menulis bukan lagi sesuatu yang sulit bukan..?

Cobalah dahulu sembari belajar. karena belajar sambil mencoba akan jauh lebih memudahkan kamu dalam memahami. Menulislah dulu sambil belajar kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar, Jangan dibalik banyak belajar tatacara penulisan tapi minim praktik menulis.

Ibarat kata kamu mengayuh sepeda ke suatu tujuan kamu mengayuhnya dengan cepat atau pelan keduanya sama-sama akan sampai tujuan namun waktu yang membedakan keduanya. Jika kamu mengayuh terlalu cepat tenagamu banyak terkuras. Tidak perlu takut kamu hanya butuh waktu untuk mencapai tujuan itu

Gimana kamu gak ragu-ragu lagikan, kalaupun masih ragu, sekali kamu mencoba enggak akan ragu lagi deh. Cobain aja.

Foto : Pexels.com