Iklan

Bhama
14 Januari 2020, 05:02 WIB
Last Updated 2020-01-13T22:02:00Z
Insight

Perlukah Alasan Untuk Menulis?

Advertisement
Gudnyus.id - Belakangan ini Indonesia sedang giat-giatnya mengkampanyekan gerakan membaca dan menulis. Hal ini difungsikan untuk menambah kualitas wawasan sumber daya manusia demi kemajuan bangsa.

Namun dari sebagian kalangan ada yang mempertanyakan masih perlukah alasan untuk kamu mau menulis, dan membaca bukannya hal ini sudah diajarkan dan ditanamkan dari usia dini, lantas untuk apa lagi? Apakah masih perlu alasan? yuk kita simak pembahasan dibawah alasan kenapa kamu harus menulis.

Menurut Pramoedya Ananta Toer menulis itu bekerja untuk keabadian. Dengan menulis, maka seseorang akan terus ada sekalipun jasadnya sudah dipendam tanah. Seseorang yang rajin menulis maka hidupnya akan abadi, tak lekang di gerus zaman. Ia senantiasa hidup berkat karya-karyanya. Keabadiannya terletak pada karya-karya tulisannya yang dibaca banyak orang, yang pada akhirnya mengalirkan pahala kebaikan bagi si punya tulisan. 

Gimana masih kurang penjelasannya kenapa harus menulis? nih aku kasih tau lagi 

1. Menulis merupakan metode terbaik untuk kamu memahami sesuatu.

Belajar adalah hal wajib bagi setiap manusia dan hal itu tidak akan pernah lekang waktu seumur hidup bagi kamu harus terus belajar agar mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Semua ilmu yang kamu dapatkan akan menuntunmu menjadi pribadi yang bijaksana dalam mengambil setiap keputusan atau menyelesaikan suatu permasalahan. Dan metode terbaik untuk mempelajari hal-hal baru adalah dengan membaca, mencoba dan menuliskannya.

Semua orang pasti dan pernah bersekolah serta menerapkannya. Namun hanya sedikit yang mampu menyadari bahwa menuliskan semua ilmu yang sudah atau sedang dipelajari merupakan cara terbaik untuk mengingat dan memahami ilmu tersebut. Dengan menulis kamu akan tetap bisa mengingat hal apa yang telah dipelajari dan terjadi karena ingatan kamu (manusia) ada batasannya.

Cobalah untuk menuliskan sesuatu yang menurutmu itu sederhana jika memang sulit untuk menuliskan yang berat pembahasannya.

2. Hasil menulis adalah sebuag karya tulis yang tak lekang waktu.

Kebudayaan dan kemajuan dunia saat ini tak lekang oleh peran literasi yang baik, yakni membaca dan menulis. Kamu dapat mempelajari masa lalu dari catatan-catatan sejarah, prasasti, atau karya tulis para pendahulu. Bahkan kamu bisa mempelajari pemikiran-pemikiran orang-orang hebat dalam sejarah melalui tulisan-tulisan yang merekam kehidupan mereka dan pemikiran-pemikiran mereka.

Menulis sangat penting bagi kehidupan manusia karena kamu bisa mencatat pengalaman-pengalaman buruk di masa lalu seperti bencana alam, wabah penyakit, atau apapun dan belajar dari catatan untuk mencegah terjadinya hal-hal serupa di masa depan. Karena suatu gagasan atau cerita tidak akan bisa hilang jika ditulis bukti itu akan trus ada seperti prasasti dan catatan sejarah.

Mungkin terdengar sepele tapi hal itu bisa kamu rasakan sekarang dan nanti serta bisa mejadi bukti kuat untuk mu dan bermanfaat bagi orang lain.

3. Menulis mengajarkan mu untuk sabar dan rendah hati

Sikap rendah hati terbentuk ketika kamu benar-benar memahami bahwa selalu ada langit di atas kamu dalam hal apapun.  Menulis membantu kamu untuk mewujudkannya. Banyak penulis diluar sana yang tidak menunjukkan kehebatan dan karya tulisnya didepan umum, banyak dari mereka yang menyamarkan identitas asli mereka.

Selain berusaha menyajikan informasi dengan santun agar disukai pembaca, penulis sangat butuh referensi dari tulisan orang lain yang lebih hebat dan lebih berpengalaman dalam tema yang diangkat. Itu akan menyadarkan kamu untuk tidak cepat berpuas diri dalam hal apapun atau merendahkan orang lain sehingga menimbulkan benih-benih kesombongan.

Terkadang, kamu sudah merasa benar, namun dengan berbagi pemikiran melalui tulisan, kamu akan bisa dikoreksi orang lain sehingga tidak terjebak dalam kebodohan. Sikap menerima kritikan dan saran inilah yang akan mengajarkan kepada penulis bagaimana bersikap rendah hati kepada sesama manusia.

4. Menulis dapat menjaga kesehatan

Mungkin terdengar sedikit tidak masuk akal namun cobalah, tanpa kamu coba tidak akan pernah tahukan betul atau tidaknya. Banyak orang diluar sana yang sudah mencoba dan terbukti benar, menulis sangat dekat hubungannya dengan pola fikir dll. Menurut yang sudah mencoba menulis dapat menjaga kesehatan salah satunya :

  • Membantu kamu untuk melatih dan memainkan emosional 
  • Bisa mengubah cara pandang  pasien kanker
  • Bisa membantu kamu untuk Tertidur
  • Bisa membuat mu berbicara dengan lancar
  • Membuat pikiran dan tubuh mu menjadi lebih baik
Cobalah melihat dan melakukan sesuatu tanpa perlu memikirkan sebuah alasannya, akan lebih terasa dampaknya pada pikiran dan dirimu tanpa disadari. Hal ini dapat membuat kamu menjadi seorang yang jauh lebih bisa berfikir luas kedepan. Karena sesuatu yang kamu kerjakan adakalanya tidak memerlukan sebuah alasan, kamu hanya perlu melakukannya.

Teruslah berusaha dan mencoba, dalam setiap apapun cobalah untuk dituliskan karna dari sana kamu akan tau sendiri sejauh mana kamu telah berkembang.


Foto: pixabay.com