Iklan

6 Maret 2020, 17:34 WIB
Last Updated 2020-03-06T10:47:04Z
Insightsehat

5 Manfaat Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan Tubuh

Advertisement

Gudnyus.id - Meminum cukup air jangan hanya karena kita merasa dahaga saja. Namun pertimbangkan pula kegunaan air ini dalam tubuh manusia. Air juga dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, sehingga dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya.

Efek lainnya, dengan banyak minum Anda tak hanya terhindar dari morning sickness, tapi kulit pun semakin terlihat sehat dan tidak mudah berjerawat. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup membantu mencegah terjadinya konstipasi (sembelit) dan penyakit hemorrhoids. Berikut ada 5 manfaat berguna, mengapa kita harus meminum cukup air.

1. Demi menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

Dengan kandungan air dalam tubuh mencapai 60%, fungsinya amat penting dalam proses pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi, menghasilkan air liur, angkutan nutrisi tubuh, dan menjaga suhu tubuh.

Jika kekurangan air, yang haus bukan hanya mulut, melainkan otak. Asupan air untuk tubuh dapat diperoleh dari air putih, jus, susu, teh, dan kopi. Dalam hal ini minuman alkohol tidak masuk hitungan karena justru menyebabkan tubuh dehidrasi.


2. Untuk meningkatkan energi otot. 

Jika otot terasa nyeri dan lelah adalah pertanda cairan tubuh tidak seimbang. Karena itu minum banyak air sebelum dan saat berolahraga dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang lantaran menjadi keringat. 

3. Untuk mengontrol kalori. 

Dalam beberapa tahun terakhir peserta diet menenggak banyak air minum nonkalori sebagai cara menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak air cenderung untuk kerap dikunyah dan diserap tubuh perlahan. 

4. Ginjal akan berfungsi normal jika keseimbangan air dalam tubuh terjaga. 

Sampah utama dalam tubuh adalah nitrogen urea, yang larut dalam air, kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Ginjal bekerja amat baik jika didukung cairan tubuh seimbang. Tubuh yang cukup air menghasilkan urin berwarna terang, tidak bau, dan mengalir lancar. 

5. Cairan tubuh yang seimbang menjaga fungsi saluran pencernaan. 

Karena usus amat leluasa menggiling makanan dan menyerap sarinya. Jika kurang air, usus besar menyerap kembali cairan dari kotoran. Inilah penyebab sembelit dan susah buang air besar, karena terlalu kering setelah airnya disedot kembali oleh tubuh. Jadi sebaiknya meminum air segar, atau Anda membiarkan usus besar mengorek sisa air dari calon tinja. 

Kita dapat mencegah gangguan kesehatan dengan minur air yang cukup. Air memiliki manfaat penting bagi kesehatan seperti meningkatkan kemampuan kognitif, pencegahan batu dan infeksi kandung kemih hingga mencegah obesitas

Sumber Jurnal :
PERAN PENTING AIR BAGI TUBUH MANUSIA 
Helsy Mentari 
Foto : pexels.com