Iklan

5 Maret 2020, 13:24 WIB
Last Updated 2020-03-05T06:24:29Z
Insight

Sejarah Android, Sistem Operasi Smartphone Terbesar

Advertisement

Gudnyus.id - Kita pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi yang satu ini, yaitu Android. Hampir setiap orang yang memakai gadget pasti memakai sistem operasi yang satu ini.

Android bisa kita peroleh secara gratis dan dapat dipasang/install berdampingan dengan sistem operasi lainnya pada desktop komputer. Ponsel atau smarthphone adalah benda yang tak dapat digunakan tanpa adanya perangkat lunak di dalamnya.

Dalam hal ini ponsel kita sebut sebagai hardware (perangkat keras), sedangkan sistem operasi kita sebut sebagai software (perangkat lunak). Sistem operasi inilah yang menggerakan ponsel atau smartphone yang kita miliki.

Sistem operasi itu sepeti nyawa dari mahluk hidup yang menggerakan organ-organ di dalamnya dan Android menjadi semakin populer karena tersedia banyak aplikasi pada Play Store Android baik itu yang berbayar maupun yang gratis.

Awalnya pengembangan Android diperuntukan untuk kamera digital, namun pangsa pasar kamera digital tidak terlalu besar. Oleh karena itu, akhirnya mereka mengalihkan pengembangan Android ke smarthphone (telepon pintar) yang memiliki pangsa pasar yang lebih luas.

Android kemudian menjadi pesaing Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple waktu itu belum dirilis). Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Meskipun sudah menjadi milik Google, pendiri Android tetap bekerja di perusahaan untuk mengembangkan Android.

Sejak tahun 2008, Android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru, memperbaiki bug pada versi android yang sebelumnya Saat ini Android terus mengalami perngembangan guna memberikan kenyamanan serta kemudahan penggunanya untuk melakukan seluruh aktivitas.

Foto : android.com