Iklan

Bhama
17 Maret 2020, 06:10 WIB
Last Updated 2020-06-20T06:40:02Z
InsightLiterasi

Mengenal GIS Untuk Kebutuhan Peta Digital

Advertisement

Gudnyus.id - Berkunjung ke tempat baru dalam kota maupun luar kota merupakan hal yang sangat wajar. Permasalahannya adalah terkadang beberapa orang susah mengingat kembali letak suatu tempat ataupun arah rute menuju tempat tersebut. Sehingga meningkatnya mobilitas masyarakat berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan informasi berupa peta digital.

Seiring meningkatnya mobilitas masyarakat dan tingginya kebutuhan informasi berupa peta, GIS (Geographic Information System) merupakan pemetaan yang kini telah banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan. Didukung dengan berkembangnya teknologi, manusia selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang dapat mempermudah aktivitasnya bahkan teknologi dapat menggantikan peran dalam fungsi tertentu. 

Teknologi memegang peran penting di era modernisasi seperti pada saat ini, dimana teknologi telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan adalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi saat ini telah merambah ke segala aspek kehidupan sehingga saat ini seolah masyarakat telah dimanjakan oleh adanya alatalat yang dapat memberikan kemudahan dalam aktifitas sehari-hari. Salah satunya adalah Handphone, yang  ditandai lahirnya  teknologi Smartphone.

Kelebihan  perangkat Smartphone adalah adanya teknologi GPS (Global Positioning System) yang telah terintegrasi. Hal ini memudahkan pengembang memanfaatkan nilai-nilai geografis dari teknologi GPS yang berupa koordinat untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang berbasis LBS (Location Based Service). Sehingga dapat memberikan  informasi posisi pengguna (user), apa saja yang dekat dekat dengan pengguna (user), arah rute menuju suatu lokasi, dan lain-lain.

Sistem informasi Geografis (GIS) Arranof (1989), mendefinisikan GIS ( Information System) atau Sistem Informasi Geografis sebagai suatu sistem berbasis komputer kemampuan dalam  menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output).

Output dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang  berhubungan dengan geografi. Menurut Davis (1996) Sistem Informasi Geografi terdiri dari tiga bagian yang terintegrasi, yaitu: (a) Geografi; dunia nyata, atau realita spasial, atau ilmu bumi (geografi). (b) Informasi; data dan informasi, meliputi arti dan kegunaannya, dan (c) Sistem; teknologi komputer dan fasilitas pendukung. Dengan kata lain SIG merupakan kumpulan dari tiga aspek dalam kehidupan dunia modern kita, dan menawarkan metode baru untuk memahaminya.

Mobile GIS Saat ini, aplikasi Mobile GIS telah menjadi sebuah kebutuhan. Selama ini banyak kegiatan di lapangan menggunakan Global Positioning System (GPS), Laptop, dan perangkat lunak GIS untuk melakukan pemetaan secara real time. Dengan konfigurasi yang baik, pengguna akan dapat melihat posisinya di lapangan melalui peta, citra, atau bentuk spasial lainnya. Mobile GIS merupakan sebuah integrasi cara kerja perangkat lunak/keras untuk pengaksesan data dan layanan geospasial melalui perangkat bergerak via jaringan kabel atau nirkabel (Riyanto,2010)

Global Positioning System (GPS) Global Positioning System (GPS) sistem radio navigasi penentuan posisi menggunakan satelit. GPS dapat memberikan posisi suatu objek di muka bumi dengan akurat dan cepat (koordinat tiga dimensi x, y, z) dan memberikan informasi waktu serta kecepatan bergerak secara kontinyu di seluruh dunia (Riyanto, 2010). Dengan mengamati sinyal dalam jumlah dan waktu yang cukup, kemudian data yang diterima tersebut dapat dihitung untuk mendapatkan informasi posisi, kecepatan, dan waktu.

Location Based Service (LBS) Teknologi Location Based Service (LBS) merupakan salah satu bagian dari implementasi mobile gis yang lebih cenderung memberikan fungsi terapan sehari-hari seperti menampilkan direktori kota, navigasi kendaraan, pencarian alamat serta jejaring sosial dibanding fungsionalitas pada teknologi GIS populer untuk Field Based GIS (Riyanto,2011). Dua unsur utama LBS adalah :

Location Manager (API Maps) Menyediakan tools/source Application Programming Interface (API) Maps menyediakan fasilitas untuk men peta beserta feature lainnya seperti tampilan satelit, (jalan), maupun gabungannya. Paket ini berada pada com.google.android.maps. Location Providers (API Location): Menyediakan teknologi pencarian lokasi yang digunakan dengan kata GPS dan data lokasi real time. API Location berada pada oake android yaitu android location.

Menurut definisinya, Peta digital adalah representasi fenomena geografik yang disimpan untuk ditampilkan dan dianalisis oleh komputer. Peta digital juga dapat diartikan sebagai gambaran permukaan bumi yang disajikan secara digital yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi.

Peta digital disajikan dengan cara yang berbeda dengan peta konvensional yang tercetak pada bidang data. Peta digital disajikan pada Devies digital seperti layar komputer bahkan sekarang dapat ditampilkan di layar smartphone. Peta digital biasanya berukuran besar dan memiliki format tertentu yang diolah menggunakan komputer.

Eclipse IDE adalah sebuah IDE  (integrated Development Environment) untuk menggabungkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform. Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open , yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in. 

Android Development Tools(ADT) adalah plugin untuk Eclipse IDE yang dirancang khusus untuk memberikan integrated environment yang kuat untuk membuat aplikasi android. ADT memberikan kemampuan kepada Eclipse untuk membuat projek baru Android secara tepat, membuat aplikasi User Interface, menambahkan komponen berdasarkan Android Framework API, melakukan debugging aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Android SDK Tools dan bahkan melakukan distribusi aplikasi yang dibuat. 

Pembuatan aplikasi android dengan Eclipse beserta ADT sangat dianjurkan karena merupakan cara tercepat untuk memulai membuat projek Android. Dengan disediakannya project setup, serta tools yang sudah terintegrasi  

Oleh karena itu Google Map API dan Google Places API merupakan komponen utama  dalam Mobile GIS Penunjuk Rute Kendaraan Pribadi. Global Positioning System (GPS) berperan penting dalam menentukan keakuratan posisi pengguna. 

Sumber: 
Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps.
Hendra Nugraha Lengkong, Universitas Sam Ratulangi.
foto: freepik.com