Iklan

18 Maret 2020, 06:30 WIB
Last Updated 2020-03-18T23:35:59Z
Wow

Peluklah Selalu Istrimu Saat Tidur, Ini 8 manfaatnya

Advertisement

Gudnyus.id - Di antara kesibukan mengurus anak, membersihkan rumah, dan bekerja, mungkin sulit buat kamu  meluangkan waktu untuk kencan atau couple time. Kurangnya waktu berdua dapat membuat suami istri menjadi jauh dan hubungan tidak harmonis bahkan renggang. 

Sebelum bertambah parah, lakukan hal mudah ini untuk mempererat hubungan kamu dan pasanganmu. Kamu bisa mencoba hal yang cukup sederhana, yaitu berpelukan. Berpelukan setiap hari ternyata dapat mendekatkan suami dan istri. Tidak hanya itu, ada manfaat kesehatan juga yang bisa didapatkan.

Pelukan terbukti membuat seseorang lebih nyaman dan hangat. Jadi ketika memeluk, kamu menyampaikan betapa penting keberadaan pasanganmu sekaligus membantunya mendapat manfaat kesehatan.

Apa saja manfaat berpelukan? simak ulasan berikut ini

1. Melepaskan Hormon ‘Bahagia’ dalam Tubuh
Ketika berpelukan, hormon oksitosin meningkat. Oksitosin adalah hormon yang dikeluarkan tubuh saat kamu bahagia. Jadi, hal sederhana seperti pelukan akan mengurangi perasaan kesepian dan rasa marah kepada pasanganmu dan sebaliknya.

2. Meningkatkan Mood
Selain meningkatkan oksitosin, berpelukan dengan pasangan juga meningkatkan hormon serotonin. Hormon ini membantu meningkatkan mood dan membuat suasana menjadi lebih sensual.

3. Meningkatkan Sistem Imun
Berpelukan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Ini karena tubuh mengeluarkan oksitosin dan membuat kamu dalam keadaan bahagia. Kondisi kamu yang penuh dengan aura positif berpengaruh baik bagi sistem kekebalan tubuh.

4. Tidur Lebih Nyenyak
Hormon oksitosin yang dikeluarkan tubuh saat kamu memeluk pasanganmu, juga mengurangi stres dan tekanan darah, sehingga tidur akan lebih nyenyak dan berkualitas.

Dengan tidur cukup dan berkualitas, baik kamu maupun pasanganmu akan menjadi individu yang lebih menyenangkan dan menjadi pasangan yang lebih baik lagi.

5. Lebih Dekat dengan Suami
Salah satu manfaat berpelukan yang paling utama adalah membuat kamu dan pasanganmu menjadi dekat kembali. Pelukan adalah bentuk komunikasi tanpa kata, karena kamu dapat menyampaikan perasaan pada pasanganmu.

Dengan memeluknya, kamu mengambil rasa sedih dan amarah pasangamu dan membalasnya dengan rasa nyaman. Tentu saja hal itu juga berlaku sebaliknya.

6. Kehidupan Seks yang Lebih Baik
Pelukan dapat berlanjut ke ciuman dan terus ke hal-hal mesra lainnya, bahkan seks. Bukan hanya kedekatan emosional, kedekatan fisik juga bisa dicapai dengan rajin memeluk pasangan.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Sejak kecil, pelukan merupakan salah satu cara orang tua menunjukkan betapa penting dan spesialnya diri kita. Asosiasi pelukan dengan hal ini masih menempel dalam kepala banyak orang dewasa. Sehingga ketika kamu memeluk pasanganmu, ia akan merasa dicintai dan spesial.

8. Otot yang Lebih Rileks
Pelukan dapat membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks. Rasa nyeri juga bisa berkurang karena pelukan meningkatkan sirkulasi darah pada jaringan-jaringan lunak.

Virginia Satir, seorang terapis keluarga, pernah mengatakan bahwa “Kita membutuhkan 4 pelukan per hari untuk bisa bertahan hidup. Kita membutuhkan 8 pelukan dalam 1 hari untuk menjaga diri/maintenance. Kita membutuhkan 12 pelukan dalam 1 hari untuk dapat berkembang,” 

Foto:
pexels.com