Iklan

gudnyus
13 April 2020, 13:14 WIB
Last Updated 2020-06-19T17:42:31Z
InsightLiterasi

4 Kategori Dalam Istilah E-Commerce

Advertisement


Gudnyus.id - Kegiatan belanja online merupakan cara baru dalam melakukan transaksi. Dalam kegiatan ini pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung seperti halnya proses penjualan biasa. Efisiensi waktu dan juga efektivitas dalam proses transaksi merupakan hal yang membuat konsumen tertarik untuk melakukan belanja online. Penjual menggunakan internet untuk menampilkan situs yang mereka miliki sebagai toko dengan segala produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Kemudian konsumen sebagai pembeli juga akan melihat dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan melalui situs yang ada. Layanan tersebut dapat memudahkan konsumen dalam berbelanja. Konsumen tidak harus mendatangi toko atau tempat yang menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

Kebebasan setiap orang untuk mengakses internet inilah yang menjadikan online shop dengan mudah berkembang pada kalangan masyarakat modern. Menurut Kotler & Keller, ecommerce merupakan pemanfaatan website dengan dukungan internet sebagai sarana menjual produk maupun jasa.

Dengan tidak adanya biaya sewa tempat untuk usaha, pemanfaatan website dapat mendatangkan keuntungan dengan menjual produk dengan kuantitas tertentu pada pangsa pasar khusus. Menurut Hidayat (2013) e- Commerce adalah bagian dari e-lifestyle yang memungkinkan transaksi jual-beli dilakukan secara online dari sudut tempat dimanapun. Berikut empat kategori dalam istilah e-commerce menurut Bearden:

1. Bussiness to Customer (B2C)
Pelaku bisnis melakukan penjualan barang dan jasa kepada konsumen akhir.

2. Business to Business (B2B)
Melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan. Pemasar B2B menggunakan situs web B2B, e-mail, catalog produk online, jaringan perdagangan online, dan sumber daya online lainnya untuk menjangkau pelanggan bisnis baru, melayani pelanggan yang ada dengan lebih efektif, dan memperoleh efisiensi pembelian dan harga yang lebih baik.

3. Consumer to Consumer (C2C)
Konsumen dapat melakukan transaksi jual beli atau pertukaran informasi barang atau jasa secara langsung dengan konsumen lainnya, melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen. Transaksi ini terjadi di dalam naungan sebuah situs web. Contohnya seperti situs web eBay, amazon.com, dan kaskus.co.id yang memungkinkan orang menjual barang mereka ke konsumen lain atau dengan melelangnya kepada penawar tertinggi.

4. Consumer to Business (C2B)
Konsumen individu menjual produk atau jasa kepada pelaku bisnis.

Sumber:
PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE
Dwi Sudjanarti, Umi Khabibah, Tri Istining Wardani, Politeknik Negeri Malang
Foto: pexels.com