-->

Iklan

gudnyus
4 April 2020, 21:26 WIB
Last Updated 2020-06-19T18:02:16Z
InfoRagam

Robot Gantikan Wisudawan di Universitas BBT Jepang

Advertisement



Gudnyus.id - Teknologi robotika dan Jepang sudah begitu erat kaitannya. Rasanya negeri sakura itu sudah menggunakan robot hampir di berbagai aspek kehidupannya. Bahkan di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satu universitas di Jepang yaitu Business Breakthrough University (BBT University) menggelar acara wisuda onliner dengan menggunakan robot.

Universitas BBT bekerjasama dengan ANA Holding untuk menggunakan robot avatar bernama Newme  mewakili wisudawan di acara upacara kelulusan yang berlangsung di Hotel Grand Palace, Tokyo, Sabtu (28/3/2020).

Robot Newme berbentuk seperti manusia dengan tablet sebagai kepala untuk menampilkan visual kepala wisudawan yang dipanggil dalam prosesi wisuda. Sedangkan untuk berjalan, Newme menggunakan empat roda sebagai kakinya. Baju dan topi toga tak lupa dikenakan juga oleh si robot.

Upacara wisuda disaksikan langsung oleh rektor dan perwakilan universitas BBT. Dalam acara wisuda ini terdapat empat perwakilan lulusan, dua orang sarjana dan dua orang magister sekolah pascasarjana. Namun seluruh mahasiswa universitas BBT turut menyaksikan upacara wisuda melalui layanan video conference.

Salah satu wisudawan berkata, "ketika saya menjadi mahasiswa di BBT, saya tak pernah berpikir akan mengoperasikan avatar saya dalam upacara wisuda. Ini adalah pengalaman baru."

Wisuda online ini merupakan ide dari Kepala Departemen Manajemen Global Fakultas Administrasi dan Bisnis BBT University, Shugo Yanaka. "Kami harap ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lain yang tengah kesulitan dalam menyelenggarakan wisuda atau upacara penerimaan siswa dan mahasiswa baru," kata dia.

Wisuda Universitas BBT dengan menggunakan robot ini diklaim sebagai wisuda online pertama di dunia. Melihat sukses dan fenomenalnya upacara wisuda ini, bukan tidak mungkin nantinya juga akan ada kampus lain yang mengikuti langkah ini.