sponsor

sponsor
30 Desember 2020, 17:22 WIB
Last Updated 2020-12-30T10:26:45Z
Info

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

Advertisement

 


Gudnyus.id - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). PT SMI berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur nasional.


PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.


PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek-proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.


Pada kuartal III-2020, PT SMI mendapatkan perluasan mandat melalui Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2020 yang pelaksanaannya tunduk pada Peraturan OJK No. 46 Tahun 2020 Tentang Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur. Dengan mandat baru tersebut, PT SMI dapat memberikan pembiayaan diluar sektor infrastruktur melalui adanya penugasan dari Pemerintah.