gudnyus
23 Januari 2021, 08:00 WIB
Last Updated 2021-01-23T01:00:47Z
Ragam

Penting Dilakukan, 4 Tips Bijak Finansial di Usia Muda

Advertisement

 

Gudnyus.id - Di usia yang relatif masih muda kebanyakan dari kita sulit sekali mengontrol keuangan. Semestinya mempertimbangkan secara matang karena hidup akan selalu berkelanjutan.

Pada saat menerima gaji sulit sekali untuk menyisihkan uang terlebih apabila kita mempunyai sifat konsumtif akan merugikan diri sendiri.
Jika hal ini dilakukan terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk dilepas. Rentan sekali kita lalai menyisihkan uang dan membiasakan hidup hemat disaat usia muda.

Ketika meranjak usia ke 30 an biasanya baru sadar betapa pentingnya pengelolaan keuangan ini karena merasa conjouring time, kebutuhan hidup akan semakin meningkat belum lagi bila kita dihadapkan pada generasi sandwich tentu membuat diri kita masuk ke rana urgent dalam hal finansial.

Permasalahan yang sering terjadi ketika kita ingin merubah pola kebiasaan dari yang buruk ke yang baik dalam hal finansial, Banyak sekali gangguan yang membuat kita tak bisa komitment. Nah apa saja yang bisa memberi solusi agar diri kita memulai hal baru secara bertahap. Yul mari kita simak :

1. Belanjakan uang hanya pada kebutuhan  

Ubah mindset kita yang memacu kita untuk hidup boros. Hitung saja berapa produk yang kita beli hanya sekedar pajangan saja tanpa memikirkan apakah itu benar-benar kita butuhkan hanya dipakai satu kali saja sudah tidak digunakan lagi. Bahkan membeli produk hanya sebatas tergiur diskon besar. Wah,  kita yang mengatur hidup bukan iklan produk yang mengatur diri kita Ya...jadi belajarlah dari sekarang agar tidak menajadi kebiasaan.

Pada saat gajian contohnya apabila sudah pegang uang banyak lupa diri untuk menyisihkan. Selain itu juga ketika kita memiliki keuangan yang banyak bukan berarti pengeluaran juga meningkat namun pikirkan kembali kebutuhan yang benar-benar diperlukan.

2. Buat catatan pengeluaran dan pemasukan yang jelas

Pencatatan merupakan sesuatu hal yang sangat penting apapun itu bentuknya yang berhubungan dengan keuangan. Sebab, uang yang tercampur akan sulit kita kroscek dan mengetahui kemana uang yang dikeluarkan. Bisa-bisa bocornya keuangan bukan karena banyak pengeluaran utama namun memang manajemen kita yang keliru.

Beruntungnya Sekarang sudah era digital banyak sekali aplikasi yang membantu dalam mengatur keuangan kita jadi lebih mempermudah.

3. Carilah produk yang bisa membuat kita disiplin menabung

Ada beberapa produk yang bisa membuat diri kita giat menabung dan tidak mudah di ambil. Carilah produk syariah yang bisa menenangkan hati namun kembali lagi pilihan ada di tangan Anda. Kalau saya pribadi menggunakan produk tersebut namanya sebuah produk pasti ada kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Seperti contoh saya sendiri menabung di salah satu bank syariah secara autodebet saya ambil produk wadiah (titipan) jadi kita tidak terkena biaya administrasi perbulan sehingga nyaman untuk menabung sedikit demi sedikit. Itu prinsip saya ya kalau anda punya cara tersendiri silahkan yang penting membuat anda nyaman.

Selain Menabung secara digital juga bisa secara tradisional. Kisah unik orang yang berhasil membeli barang melalui cara ini banyak ada yang bisa membeli sepeda motor melalui menabung uang recehan di tabungan gerabah (tanah liat), plastik dan juga kaleng.

Meskipun terlihat sederhana ya kata pepatah "lama-lama akan menjadi bukit" ada benarnya juga saya pernah mengalami sampai beberapa ratus ribu uang yang diperoleh dengan cara ini.

4. Jangan lupa memberi pada yang membutuhkan (bersedekah)
Tahukah anda hidup ini seperti fluida air yang mengalir ada rezeki masuk ada juga keluar nah jadilah perantara dari keduanya maka akan datang yang baru lagi rezeki yang lebih banyak percayalah apabila kita memberi suatu saat kita akan diberi karena tidak harus uang balasanya mungkin berbagai macam bentuk.

Hidup ini akan menjadi berkah dengan senantiasa berbagi apabila kita hanya punya sedikit tidak apa-apa yang terpenting niat dan ketulusan kita masalah finansial dibagian ini serahkan pada Alloh Swt.

Bahkan  tokoh terkaya di dunia di era sekarang saja seperti warrent buffet, Bill gates punya yayasan sosial. Jadi, mulailah untuk berbagi kebaikan dari sekarang.

Itulah beberapa solusi agar bisa mengatur keuangan dengan baik.

Penulis: Satria
Dapatkan juga beragam artikel bermanfaat di www.bagilmukeren.web.id