Bapakguru
22 Januari 2021, 04:17 WIB
Last Updated 2021-01-21T21:17:42Z
Wow

Bukan Indonesia, Inilah negara dengan Bahasa Terbanyak Di Dunia

Advertisement

Gudnyus.id - Dikenal sebagai bangsa multikultur, negara kita Indonesia Raya (sempat kita kira) sebagai negara yang punya bahasa terbanyak di dunia. Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Melintang di katulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Indonesia terdiri dari lima pulau besar yaitu: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Masing-masing wilayah punya bahasa tersendiri dan menjadikannya sebagai negara paling beragam.

Ada sekitar 742 bahasa (menurut vistawide.com) dan 709 (berdasarkan catatan SBS.com). Meski punya banyak bahasa, alat pemersatu mereka adalah Bahasa Indonesia.

Namun siapa kira dengan jumlah bahasa sebanyak itu, Indonesia masih berada di peringkat kedua negara dengan bahasa terbanyak. lalu negara mana yang memiliki bahasa terbanyak?

ternyata negara dengan bahasa terbanyak di dunia adalah tetangga setanah negara kita di ujung timur, Papua Nugini. 

 

Papua Nugini adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua dan berbatasan darat dengan Provinsi Papua (Indonesia).

Negara beribukota Port Moresby ini menempati urutan pertama dengan jumlah bahasa etnis terbanyak di dunia.

Papua Nugini memiliki jumlah penduduk sebanyak tujuh juta jiwa. Total bahasa etnis yang mereka miliki adalah sekitar 840 (sumber SBS.com), sementara menurut catatan dari vistawide.com jumlahnya 820.

Hal unik yang membuat bahasa di Papua Nugini banyak adalah kondisi alamnya yang masih memiliki banyak hutan dan medan yang sulit dijangkau. Sehingga banyak kelompok yang tinggal di suatu wilayah dan masih melestarikan bahasa dari leluhur.

Sementara itu, bahasa nasional yang dimiliki dan jadi pemersatu adalah bahasa Hiri Motu, Tok Pisin dan English.

Sumber