Bapakguru
11 Februari 2021, 07:08 WIB
Last Updated 2021-02-11T00:08:26Z
Infotips

5 Tips Sehat Finansial

Advertisement

1. konsumsi informasi yang bermanfaat. 

Buku, koran, blog, podcast, video, YouTube, hingga webinar dapat memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan finansial. Cari sumber yang kredibel. Seseorang sebaiknya paham mengenai dasar-dasar finansial seperti jenis investasi, dana darurat, asuransi dan lainnya.

 

2. Tentukan tujuan finansial. 

Ciptakan tujuan finansial untuk membantu dan memotivasi dalam mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya. Tujuan finansial dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam jangka waktu tertentu, misalnya, untuk pernikahan atau pendidikan.


 
Dengan memiliki tujuan finansial, seseorang dapat dengan jelas menentukan jumlah dana dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Tujuan tersebut juga memudahkan dalam menentukan bentuk investasi yang tepat, seperti reksa dana, obligasi, atau saham.


 
3. Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan. 

Luangkan waktu sejenak untuk melacak seluruh pemasukan maupun pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Mungkin hal ini menjadi hal yang cukup merepotkan, tapi ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.
 
Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, seseorang akan mendapatkan gambaran dari kemampuan finansial. Hal ini membuat seseorang dapat jauh lebih mudah untuk mengarahkan uang yang dimiliki. Buatlah persentase pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya dengan memprioritaskan hal yang dibutuhkan.


4. Sesuaikan gaya hidup. 

 


Setelah mengetahui kemampuan finansial, seseorang perlu menciptakan gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan. Seseorang sebaiknya menyesuaikan gaya hidup dengan tidak berlebihan dan tidak memaksakan diri. Ambil setiap keputusan keuangan dengan bijak dan fokus pada kebutuhan dan tidak hanya pada keinginan konsumtif.


 
5. Aman secara finansial dengan asuransi kesehatan. 

Fondasi penting lainnya yang perlu diisi untuk sehat secara finansial adalah keamanan keuangan dengan proteksi yang disediakan oleh asuransi. Produk asuransi akan memberikan perlindungan terhadap tabungan dan investasi yang dimiliki saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau sakit.
 

Sumber