gudnyus
18 Maret 2021, 08:27 WIB
Last Updated 2021-03-18T01:27:17Z
Ragam

Tips Menjalankan Marketing Instagram Secara Tepat

Advertisement

 

Gudnyus.id - Instagram menjadi media sosial populer di dunia. Memiliki tingkat share tinggi dibandingkan dengan media lainnya. Makanya, tidak salah bila pebisnis mengambil peluang dengan menjalankan Marketing Instagram.

Menerapkan strategi pemasaran melalui IG memang menjanjikan. Tetapi, bukan berarti bahwa pelaksanaannya akan mudah. Sebab, Anda perlu membangunnya dari awal supaya bisa memperoleh ribuan follower yang tertarik dengan konten Anda.

Bagaimana cara membangunnya? Berikut ini tips yang bisa dipraktikkan.

Buat Akun IG Bisnis

Ketika ingin menjalankan Marketing Instagram, usahakan mengubah profil IG ke akun bisnis. Sebaliknya, hindari membuat akun pribadi. Sebab, ini mempengaruhi pada kepercayaan masyarakat.

Kelebihan dari akun ini memungkinkan followers dapat masuk ke halaman layaknya di website. Begitu pula, pemiliknya bisa membuat iklan khusus dari layanan tersebut. Bahkan, akun ini telah dilengkapi dengan metrik untuk pelacakan aktivitas sehingga Anda bisa memahami konten mana yang banyak mendapatkan tanggapan.

Untuk membuatnya sendiri sangat mudah. Anda tinggal masuk ke menu setting. Lantas merubah tampilannya menjadi akun bisnis.

Ketika membuatnya, upayakan untuk menamainya dengan brand. Sebab, nama inilah yang akan dikenali oleh pengikut. Bahkan, menjadi alamat di mana seseorang dapat menandai ketika ingin membagikan konten ke akun pribadinya.

Manfaatkan Tool Gratis
Dalam akun, pemiliknya bisa memanfaatkan tools gratis untuk melihat statistik dari perjalanan IG. Pemiliknya hanya perlu memaksimalkannya. Terutama untuk melihat impresi, engagement dari post yang diterbitkan.

Begitu pula, pemiliknya bisa mencermati siapa follower utamanya. Misalnya gender, lokasi, rentang usia serta kapan pengikut ini aktif di IG.

Bekal statistik ini, Anda bisa menentukan strategi yang tepat. Strateginya berupa pembuatan konten yang sesuai serta kapan waktu penerbitannya. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan engagement.

Terbitkan Produk yang Membuat Konsumen Tertarik Membeli
Bisnis bisa berkembang ketika pemiliknya mampu menjual produk/layanannya. Penjualan ini akan terjadi ketika pemiliknya memberikan penawaran pada calon pelanggannya.

Ketika menawarkan produk, ciptakanlah sebuah penawaran yang sulit untuk ditolak pelanggan. Dan ini memang butuh perhitungan.

Salah satu contohnya ialah memberikan potongan harga dengan batasan waktu. Strategi ini biasanya bekerja maksimal. Sebab, kebanyakan pelanggan menunggu waktu tersebut untuk mendapatkan produk yang diincarnya.

Buat Sponsored Ads
Ini merupakan bentuk periklanan yang disediakan oleh platform IG. Layanan ini mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya. Oleh karenanya, Anda seharusnya memikirkan tentang iklan yang terbaik.

Memilih foto kualitas bagus, menciptakan konten yang menarik jelas dibutuhkan. Sebab, keduanya akan mengundang rasa penasaran dari pelanggan. Bahkan, bisa mempengaruhi pelanggan agar mau melakukan pembelian.

Selain memikirkan jenis iklannya, Anda juga perlu memikirkan tentang biayanya. Perkirakan secara matang. Dan, upayakan agar biaya yang dikeluarkan dapat membuahkan keuntungan yang cukup besar.

Manfaat IG Stories
Faktanya, pengguna IG suka memperhatikan story. Kecenderungan pengguna seperti ini jelas membuka peluang bagi Anda. Khususnya untuk menyampaikan pesan melalui story tersebut.

Story ini akan aktif selama 24 jam penuh. Kemunculannya tepat di atas halaman. Bahkan, berada di posisi teratas dari akun yang sudah mengikuti Anda. Oleh karenanya, kemungkinan untuk dikunjungi sangatlah tinggi.

Terbitkan Konten dengan Hastag
Menerbitkan konten berupa video atau gambar sudah menjadi kegiatan wajib. Anda perlu melakukannya secara rutin. Tujuannya untuk menjaga loyalitas pengikut.

Meskipun begitu, hindari menerbitkannya secara berlebihan. Sebab, ini bisa dianggap sebagai gangguan sehingga pengikut akan lari.

Baiknya, lakukan posting sewajarnya. Kemudian, usahakan untuk melakukannya pada waktu yang tepat. Yakni dengan melihat metrik di mana kebanyakan target Anda aktif dan sering berinteraksi pada waktu tersebut.

Selain itu, manfaatkan hastag yang berisi tentang nama brand Anda. Tujuannya agar brand semakin dikenal dan mudah untuk naik ke posisi teratas di halaman pencarian.

Itulah bagaimana seharusnya menjalankan Marketing Instagram. Jika dikerjakan dengan benar, Anda bisa mendapati bisnis semakin maju.



Sumber foto: freepik.com