gudnyus
17 Maret 2021, 09:11 WIB
Last Updated 2021-03-17T02:11:35Z
Ragam

Cara Mudah Mempromosikan Bisnis Melalui Marketing Facebook

Advertisement


Gudnyus.id - Hampir separuh penduduk di Indonesia memiliki akun Facebook. Ini tentunya menjadi tempat ideal untuk menemukan target pasar. Meskipun begitu, Anda perlu teliti ketika menjalankan Marketing Facebook agar hasilnya sesuai harapan.

Strategi ini bisa dibilang minim biaya. Bahkan, tidak memerlukannya jika Anda cerdik dalam menerapkannya.

Maksudnya, Anda tidak harus beriklan. Tetapi jika dibutuhkan, Anda bisa menggunakannya. Tujuannya untuk mendapatkan konsumen secepatnya.

Di sini, Kami akan membagikan sedikit tips tentang pemasaran melalui Facebook. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

Intip Brand Pesaing
Sebelum memulai, cobalah untuk menemukan informasi dari brand pesaing. Anda bisa mencari beberapa brand dengan jumlah pengikut yang besar. Kemudian, brand ini mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari pengikutnya.

Cara menemukannya sangat mudah. Anda cukup memanfaatkan kolom pencarian di FB. Di sini, cukup ketik nama brand yang mempromosikan produk serupa dengan milik Anda.

Buka satu persatu halaman dari pesaing. Lalu, apa yang perlu Anda lakukan? Ikuti bagaimana brand ini menerapkan strateginya.

Ketika memasukinya, ada beberapa hal yang bisa ditiru. Di antaranya ialah bagaimana sajian konten yang mendapatkan tanggapan lebih banyak, waktu posting, berapa kali menerbitkan konten, hingga seperti apa penampilan dari halaman tersebut.

Buat Halaman yang Menarik
Halaman menjadi tempat di mana Anda akan berinteraksi dengan konsumen. Dan ini menjadi sangat krusial dalam strategi Marketing Facebook. Oleh karenanya, Anda perlu membuatnya dengan baik.

Dalam membuat halaman, usahakan untuk memberi nama halaman dengan brand. Bukan nama produk yang dijual. Supaya hasilnya optimal, gunakan maksimal 2 kata yang cukup mewakili isi dari produk.

Ketika membuatnya, jangan lupa untuk melengkapi informasinya secara detail. Anda tentunya sudah memperoleh gambaran dari halaman pesaing. Makanya, Anda cukup mengikuti caranya.

Di antara yang perlu dimasukkan adalah foto, cover, deskripsi, about dan lain-lain. Intinya, informasi yang mencerminkan brand harus dilengkapi dengan sempurna.

Kenali Target Pasar Anda
Sadari siapa yang Anda targetkan. Sebab, ini berkaitan langsung dengan bagaimana Anda dalam menyajikan konten.

Anda tentunya harus membedakan penulisan konten untuk remaja dan dewasa. Sebab, kesalahan dalam menyajikan konten akan berpengaruh pada engagement. Misalnya, halaman dinilai tidak sesuai sehingga target utamanya malah lari dari bisnis.

Menyadari akan situasi ini, sudah semestinya Anda perlu memahaminya. Kemudian, pelajari tentang cara menyajikan informasi sesuai dengan target. Dengan begitu, pesan yang disampaikan bisa memperoleh tanggapan luar biasa.

Hubungkan Website dengan Facebook
Ini juga sangat penting. Fb hanya digunakan sebagai media untuk mempromosikan brand atau produk. Sementara Website ditujukan untuk tempat di mana terjadinya transaksi.

Menghubungkan kedua platform ini jelas sangat direkomendasikan. Setidaknya, ini bisa meningkatkan kepercayaan di mata konsumen.

Tidak hanya itu saja, Anda akan memperoleh hasil yang lebih menjanjikan. Sebab, bukan hanya dari FB saja, melainkan website juga dapat memperoleh konsumen.

Menariknya, Anda bisa menyajikan konten berbobot yang lebih panjang di website. Sisanya, Anda bisa membagikan link informasi tersebut dalam FP. Jadinya, konsumen bisa mengakses masuk ke website ketika informasinya dinilai sangat berguna.

Terbitkan Konten dengan Tepat
Ketika menerbitkan konten di FP, ada 2 hal yang perlu dicermati. Di antaranya adalah jumlah dan waktunya.

Usahakan agar menerbitkan satu konten saja di tiap harinya. Sementara untuk waktunya, sesuaikan dengan target pemasaran. Misalnya targetnya adalah ibu rumah tangga, maka waktu paling ideal ialah siang.

Sembari menerbitkan konten, gabunglah ke grup untuk mendapatkan pengikut. Di sini, usahakan untuk berbagi informasi atau panduan tanpa menyisipkan link satu pun.

Setelah mendapatkan tanggapan dan cukup lama, Anda bisa memasukkan link yang mengarah ke FP. Dari sini, FP akan mulai diikuti oleh target sehingga FP berkembang dan dapat digunakan untuk menjual produk.

Itulah beberapa prosedur yang bakalan membantu dalam kegiatan Marketing Facebook. Intinya, Anda butuh FP yang sesuai dengan bisnis. Kemudian, carilah target pasar yang tepat agar menjadi konsumen tetap.


Sumber foto: freepik.com