gudnyus
29 Juli 2021, 17:16 WIB
Last Updated 2021-07-29T10:16:00Z
Ragam

10 Manfaat Saffron untuk Wajah, Membuat Kulit Lebih Sehat, Cerah dan Glowing

Advertisement

Gudnyus.id - Pernahkah kamu mendengar bunga saffron? Saffron adalah salah satu jenis rempah beraroma khas yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Banyak yang mengatakan bahwa saffron adalah rempah termahal di dunia yang harganya bisa mencapai Rp 500 ribu per gramnya.

Dalam 0,78 gram saffron, mengandung 0,08 g protein, 0,6 mg vitamin C, 0,01 mg zinc, dan 12 mg kalium. Hal ini menunjukkan bahwa saffron memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Bunga Saffron untuk Wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu membeli saffron dengan kualitas terbaik yang memiliki warna merah tua dengan ujung berwarna oranye. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga saffron untuk wajah, diantaranya:

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat saffron untuk wajah yang pertama adalah mampu mengatasi masalah jerawat berkat sifat anti-bakteri dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Serta dapat mencegah breakout yang lebih parah.

Rendam campuran 10 helai saffron dengan 5-6 daun basil segar di air jernih. Kemudian, tumbuh sampai menjadi krim dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Pakai hingga kondisi jerawat benar-benar sembuh.

2. Mencerahkan Wajah

Selain jerawat, wajah yang kusam akan membuat wajah lebih tampak tidak sehat dan kurang bercahaya. Senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C akan membantu mencerahkan dan mengembalikan rona alami pada wajah.

Gunakan campuran bunga saffron dengan susu yang belum dipasteurisasi dan perasan jeruk lemon. Diamkan selama 1 jam hingga semua bahan benar-benar menyatu sempurna, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat bunga saffron berikutnya adalah dapat memudarkan bekas jerawat yang mengganggu. Memadukan saffron dengan daun basil akan menjadi antibakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat secara efektif.

Untuk membuatnya, campurkan saffron dan daun basil dengan air. Kemudian tumbuk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar, lalu diamkan selama 15 menit dan setelahnya bilas dengan air.

4. Melembabkan Kulit

Kulit kering dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar bahkan mengelupas. Kondisi ini juga yang akan memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kusam dan jerawat.

Larutkan tiga helai saffron pada air mineral. Tempatkan pada botol spray, dan semprotkan pada wajah saat diperlukan. Manfaat air saffron untuk wajah satu ini akan mengembalikan kelembaban kulit wajah secara alami.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Saffron dipercaya dapat meningkatkan regenerasi dan produksi sel, sehingga bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menunjukkan bahwa saffron dapat merangsang penyembuhan luka dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit yang diperlukan untuk menutup luka.

6. Mengatasi Mata Panda

Kandungan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C pada saffron, memberi manfaat lainnya yakni membantu mengatasi mata panda yang mengganggu penampilan.

Cara membuatnya adalah dengan mendiamkan larutan saffron dan air mineral semalaman. Kemudian, campurkan larutan tersebut dengan minyak zaitun. Basahi kapas dengan campuran tersebut dan tempelkan pada bagian bawah mata kamu selama 15 menit sebagai masker.

Jangan lupa untuk gunakan krim mata atau serum mata untuk memaksimalkan hasil yang diberikan.

7. Mengurangi Iritasi Wajah

Memiliki kulit sensitif pasti akan menyebabkan kondisi kulit terasa kering dan kemerahan. Adanya sifat anti-inflamasi pada saffron dapat menenangkan kulit yang mengalami iritasi dan kemerahan.

Kamu cukup mencampurkan beberapa helai saffron dengan minyak zaitun atau madu, kemudian diamkan selama satu atau dua jam. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Mengatasi Sunburn

Kamu termasuk golongan orang yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan? Jika kamu tidak melakukan perlindungan dan perawatan khusus, dapat menyebabkan kulit terbakar sampai terasa perih dan kemerahan.

Gunakan air saffron untuk membantu mendinginkan dan menenangkan kulit yang terbakar matahari. Masukkan ke dalam botol spray agar lebih praktis untuk dibawa kemana pun. Meski begitu, pastikan kamu untuk tetap menggunakan sunscreen ya!

9. Membuat Wajah Lebih Glowing

Manfaat bunga saffron untuk wajah berikutnya adalah kulit akan tampak bersih, segar, dan glowing. Gunakan campuran saffron dengan air perasan lemon, dan oleskan secara merata pada kulit wajah. Penggunaan secara rutin akan membantu kamu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

10. Menutrisi Rambut

Tak hanya untuk kesehatan kulit wajah, manfaat lain saffron adalah menutrisi rambut berkat adanya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Kamu bisa menggunakan saffron dengan minyak almond atau minyak zaitun.

Caranya dengan panaskan campuran tersebut selama 5 menit dengan api kecil. Lalu, tunggu hingga dingin dan masukkan ke dalam botol. Kocok botol tersebut, oleskan dan pijat kulit kepala dan batang rambut secara merata.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan saffron untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu? Tak hanya dalam bentuk masker dan toner, saat ini saffron sudah banyak tersedia sebagai suplemen yang berbentuk kapsul.

Selain itu untuk merawat wajah lebih optimal kamu juga bisa mengatasinya dengan memakai skin care yang mengandung formula khusus atasi kulit kusam.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan skin care dari Jafra. Skin care asal Amerika Serikat ini memiliki varian khusus agar terlihat lebih cerah dan glowing.

 

Jadi jika kamu ingin menjaga kesehatan dan kecantikan wajah lebih optimal, coba konsultasikan perawatan wajah kamu ke Konsultan Jafra yang terpercaya berikut ini:

 

 KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI

& DAPATKAN PENAWARAN MENARIK