gudnyus
27 Juli 2021, 22:59 WIB
Last Updated 2021-07-27T17:05:06Z
Literasi

Cara Investor Menentukan Valuasi Startup Untuk Ternak Uang

Advertisement

 


Gudnyus.id - Sebuah Startup harus mengetahui berapa nilai valuasi perusahaannya Valuasi Startup berguna untuk menentukan berapa harga yang harus dibayar investor apabila Startup menjual perusahaannya, seberapa besar presentase kepemilikan saham investor dan Startup yang perlu disepakati sebelum investasi terjadi.

Valuasi merupakan nilai dari Startup, karena umumnya Startup masih tergolong semi-enterprise, biasanya nilai valuasi ditentukan berdasarkan persetujuan antara founder dengan investor.

Umumnya investor memiliki standar internal dan prosedur penghitungan valuasi, mulai dari kapabilitas founder atau co-founder, produk yang dipasarkan, traksi pengguna hingga potensi produk terdebut ke depan.

Di sisi lain valuasi juga memerlukan pembuktian untuk seberapa besar nilai perusahaan, hasilnya harus merefleksikan komponen apa saja yang mampu dijadikan daftar dalam penentuan nilai tersebut

Berikut dua metode yang pada umumnya digunakan untuk menentukan valuasi startup:

1. Metode Venture Capital
Beberapa istilah pendanaan venture capital yang dijelaskan Ziliun.co oleh Stephen R. sebagai berikut:

a. Pre-money Valuation
Pre-money valuation adalah nilai valuasi perusahaan sebelum terjadinya investasi. Pre- money valuation merupakan kunci negsiasi diantara founder dan investor.

b. Post-money Valuation
Berbeda dengan pre-money valuation, post-money valuation merupakan nilai perusahaan
Startup setelah investor memberikan dana. Rumus  post-money  valuation menurut Stephen.  R adalah:

Pre-money valuation + Jumlah dana yang diinvestasikan investor


2. Metode Dave Berkus oleh Dave Berkus
Metode Dave Berkus yang didesain oleh seorang angel investor bernama Dave Berkus ini merupakan cara paling sederhana dalam menentukan valuasi sebuah Startup.

Metode Berkus menggunakan faktor kualitatif dan kuantitatif untuk menghitung penilaian berdasarkan lima elemen perusahaan. Cara ini cocok untuk Startup yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

- Sama sekali belum menerima pendapatan.
- Bisa mendapat pendapatan tahunan di atas US $20 juta (sekitar Rp280 miliar) di tahun kelima.

Menentukan valuasi dari lima hal penting dalam perkembangan Startup berikut:
1. Ide Suara (nilai dasar)
2. Prototype (mengurangi risiko teknologi)
3. Tim Manajemen Mutu (mengurangi risiko eksekusi)
4. Hubungan Strategis (mengurangi risiko pasar)
5. Peluncuran atau Penjualan Produk (mengurangi risiko produksi)

Metode Dave Berkus tidak berhenti hanya dengan qualitative drivers, melainkan menetapkan nilai moneter masing-masingnya secara khusus hingga $500K yaitu sebesar Rp.  7 miliar untuk setiap elemen.

Nilai $500K adalah nilai maksimum yang dapat diperoleh di  setiap kategori, memberikan peluang untuk penilaian pre-pendapatan sampai $2 juta (atau nilai pasca peluncuran hingga $ 2,5 juta).

Berkus menetapkan angka rintangan sebesar $20 juta (tahun kelima dalam bisnis) untuk memberikan beberapa peluang bagi investasi untuk mencapai peningkatan sepuluh kali dalam nilai sepanjang hidupnya.

Di bawah ini  5 elemen rentang penilaian dari Startup pre-pendapatan dalam menggambarkan aturan umum dari Metode Berkus, sebagai berikut:

 


 



Penulis: Ni Wayan Sudarningsih, Ni Made Estiyanti, I Putu Satwika, Penerapan The Dave Berkus Method Untuk Menentukan Nilai Perusahaan Startup di Bromberries.com