gudnyus
27 Juli 2021, 16:12 WIB
Last Updated 2021-07-27T09:12:00Z
Literasi

Potensi Cloud Gaming untuk Game Developer, Publisher dan Penyedia Jasa

Advertisement

 

Gudnyus.id - Melihat arsitektur yang umum pada cloud gaming maka tuntutan spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi. Hal ini karena permainan yang kita mainkan berjalan di server bukan di komputer kita.

Salah satu keuntungan utama dari sisi developer adalah pada berkurangnya beban mereka untuk meningkatkan kemampuan gambar permainan pada spesifikasi komputer yang terbatas.

Jika nantinya layanan Cloud Gaming sukses maka dengan mudah developer cukup menggunakan patokan spesifikasi dari Cloud Gaming server yang digunakan tanpa harus banyak memikirkan berbagai spesifikasi lain.

Hal tersebut akan mengurangi waktu pengembangan serta membuat pekerjaan lebih ringan. Hal ini dapat tergambarkan pada permainan digital World of Warcraft yang memiliki berbagai spesifikasi grafik untuk komputer yang berbeda.

Untuk publisher, secara tidak langsung mereka akan lebih terbantu jika developer yang bekerja dengan mereka dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Diluar itu mereka akan memiliki jalur distribusi yang makin bertambah sehingga dapat menjangkau lebih banyak pemain.

Sedangkan untuk para penyedia jasa Cloud Gaming mereka dapat mendapatkan pemasukan dari dua tipe transaksasi. Tipe transaksi pertama adalah subscription dimana para pemain cukup membayar beberapa puluh atau bahkan belas dollar untuk dapat memainkan berbagai game melalui cloud.

Tipe transaksi ini telah digunakan oleh OnLive dimana pemain cukup membayar  15 US dollar perbulan untuk dapat menikmati banyak permainan yang disediakan oleh OnLive.

Tipe transaksi kedua yang dapat diimplementasikan adalah dengan konsep penyewaanpermainan digital, dimana kita cukup membayar permainan dengan harga tidak penuh meskipun hanya dapat memainkan hanya dalam beberapa minggu. Sistem ini juga telah diimplementasikan oleh OnLive dan juga pendekatan yang banyak digunakan oleh penyedia jasa Cloud.
 
Pada sistem Rent/Buy, penyedia Cloud Gaming juga bisa menggunakan sistem hybrid dimana pemain dapat membeli secara offline sebuah permainan digital yang nantinya dapat di stream secara langsung pada berbagai device.

Diluar itu ada juga kemungkinan kita dapat memainkannya dengan harga lebih murah ataupun gratis dengan adanya system in-game advertising yang direncanakan oleh GAIKAI.

Penulis: Dodick Zulaimi Sudirman S.Kom., M.T.I., Cloud Gaming Masa Depan Industri Game