gudnyus
24 Juli 2021, 23:19 WIB
Last Updated 2021-07-24T16:19:09Z
Ragam

Mahasiswa UNRI Kukerta 'Balek Kampung' di Kelurahan Simpang Empat Pekanbaru

Advertisement

 
 

Gudnyus.id - Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Riau melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kelurahan Simpang Empat, Pekanbaru. Kegiatan Kukerta kali ini dibimbing oleh Dosen Universitas Riau Drs. Endang Sutrisna, M.Si sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.

Jumlah mahasiswa sebanyak 10 orang itu berasal dari 5 fakultas diantaranya fakultas perikanan dan kelautan, fakultas teknik, fakultas ekonomi bisnis, fakultas ilmu sosial dan politik serta fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Sedangkan Tim Kukerta diketuai oleh Brilliant Yosef P yang telah menyelesaikan beban SKS sesuai dengan ketentuan Universitas Riau.

Penerimaan Mahasiswa Kukerta Balek Kampung dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2021 pada pukul 10.30 WIB oleh Lurah Ilham Novlind, S.STP, dilaksanakan secara simbolik dan dihadiri oleh masyarakat sekitar.

Dosen pembimbing lapangan memberikan kata sambutan dalam acara penyerahan mahasiswa kukerta yang berkaitan dengan program kerja yang akan dilaksanakan di Kelurahan Simpang Empat dan pengenalan akan Kukerta Balek Kampung.

Kukerta ini sebagai perwujudan salah satu Dharma Perguruan Tinggi yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 ayat 2 yaitu penyelenggaraan pengalaman kepada masyarakat.

“Selamat mengabdi kepada masyarakat, Mahasiswa/i Kukerta Balek Kampung 2021. Tetap jaga sikap yang menunjukkan integritas mahasiswa/i Universitas Riau,” ujarnya.

Salah satu program yang akan dilakukan yaitu mengenai Penerapan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Program tersebut melibatkan mahasiswa kukerta dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Lurah Ilham Novlindo, S.STP dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran mahasiswa KKN dari Universitas Riau di Kelurahan Simpang Empat karena akan sangat membantu dalam berbagai hal, baik dalam administrasi Kantor dan pelayanan masyarakat di Kelurahan Simpang Empat.

"Saya selaku Lurah Simpang Empat menyambut dengan terbuka kedatangan mahasiswa KKN dari Universitas Riau. Saya berpesan untuk terus jaga semangat,kekompakkan dan sikapnya di masyarakat maupun di lingkungan kelurahan Simpang Empat," ungkap dia.

Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan memakai hand sanitizer.

Brilliant selaku ketua kelompok berharap melalui Kukerta ini dapat memberikan pengalaman untuk bersosialisasi dan menerapkan ilmu yang didapatkan di perkuliahan secara langsung kepada masyarakat.

"Kukerta balek kampung ini menjadi momentum mahasiswa Unri untuk terjun langsung dan mengabdi ke masyarakat. Tetap jaga protokol kesehatan dan kekompakkan untuk kita ke depannya," pungkas Brilliant.