gudnyus
7 Juli 2021, 22:36 WIB
Last Updated 2021-07-07T15:36:54Z
Ragam

Ternyata Ini Alasan Angel Investor Berinvestasi ke Startup

Advertisement



Gudnyus.id - Seorang angel investor menginvestasikan dana mereka kepada perusahaan bisnis startup di tahap awal karena mempunyai beberapa alasan. Alasan utama business angel berinvestasi dibagi menjadi tiga kategori utama.

Pertama, peluang untuk mendapatkan keuntungan finansial, memainkan peran dalam proses kewirausahaan, dan faktor-faktor nonfinansial tertentu.

Kebanyakan business angel melakukan investasi karena sangat tertarik oleh keuntungan finansial yang akan diterimanya di masa yang akan datang.

Business angel ini berharap untuk merealisasikan perolehan keuntungan yang tinggi dalam beberapa tahun. Alasan ini yang dianggap bahwa business angel hanya memprioritaskan keuntungan yang didapatkan.

Tetapi, sesungguhnya bahwa mereka pun turun serta dalam berperan dalam keterlibatannya dalam proses pembangunan sebuah usaha yang baru, melalui kemampuan-kemaampuan yang mereka miliki.

Selain itu, motivasi business angel ini dalam mendanai sebuah perusahaan baru karena mereka mempunyai keinginan untuk mempelajari hal-hal baru, misalnya belajar mengenai teknologi baru yang ada di pasar saat ini atau belajar untuk bagaimana memulai sebuah perusahaan baru, sehingga mereka disini mulai tertantang terhadap hal-hal baru.

Kedua, business angel juga mempunyai alasan untuk mendukung komunitas mereka, yang nantinya diharapkan mampu membantu meniciptakan lebih banyak pekerjaan, meningkatkan teknologi.

Terakhir beberapa orang yang melakukan investasi pada perusahaan startup mereka baru saja pensiun dari pekerjaan sebelumnya dan menjadikan investasi sebagai business angel sebagai alternatif pemasukan mereka.