gudnyus
7 Juli 2021, 22:23 WIB
Last Updated 2021-07-07T15:37:45Z
Literasi

Apa itu Angel Investor? Kenali Sosoknya Menurut Para Ahli

Advertisement


Gudnyus.id - Angel Investor dikenal juga dengan istilah Business angel yaitu seorang individu yang menginvestasikan dana pribadinya secara langsung pada usaha startup yang belum go public. Pada tahun 2015 business angel sudah berjumlah 304.930 dimana mereka menginvestasikan dananya kepada startup di bidang kesehatan, biotek, industrial/energi, retail, dan media.

Berdasarkan penelitian usaha dari University of New Hampshire menunjukan bahwq yield rate untuk business angel pada tahun 2015 sebesar 18% dari total investasi yang artinya bahwa peluang untuk para business angel dalam menginvestasikan dana mereka sebesar 18% (Barringer & Ireland, 2019).

Business angel adalah individu yang mempunyai kelebihan sumber daya berbentuk dana yang bersedia untuk memberikan dana tersebut kepada usaha baru yang memiliki risiko usaha tinggi atau rendah. Business angel mempunyai hubungan erat dengan pendiri karena pada umunya business angel ini ikut serta membagikan pengetahuan, kemampuan, dan pengalamannya kepada pendiri agar usahanya berjalan dengan baik serta mampu melindungi investasi mereka. (Dollinger, 1999).

Business angel menurut Role & Angel (2011) adalah seorang investor individu ang berinvestasi secara langsung (atau melalui harta dari kepemilikan pribadi mereka) dalam bentuk perusahaan pemula tanpa adanya hubungan keluarga dengan para pendirinya.

Business angel berinvestasi pada jangka waktu pendek hingga menengah. Selain memberikan pembiayaan bagi bisnis startup ini, business angel memainkan peran kunci dalam menyediakan keahlian strategisdan operasional.

Istilah business angel menurut Wellmeroth dkk (2018) disebut dengan venture capitalist dimana seorang individu yang menginvestasikan uang mereka sendiri pada perusahaan startup. Business angel ini dianggap sebagai solusi bagi startup untuk menutup kesenjangan ekuitas mereka dalam pembiayaan tahap awal.

Getty (2014) menyatakan bahwa seorang individu yang ingin melakukan investasi pada perusahaan yang berada di tahap awal disebut dengan istilah angel investor. sedangkan menurut Wong dkk (2009) angel investor yang mempunyai kekayaan akan mengivestasikan dana mereka kepada perusahaan kecil atau swasta.

Angel investor menurut Rodriguez (2011) adalah seorang individu yang menyediakan modal dalam bentuk hutang atau ekuitas dari dana milik sendiri yang diinvestasikan ke bisnis swasta, yang seringkali merupakan perusahaan tahap awal tetapi yang tidak memiliki hubungan antar angel investor dengan seorang teman atau anggota keluarga.

Business angel akan menginvestasikan dana secara individu atau membentuk sindikasi dengan individu lain yang mempunyai modal. Investor tersebut akan meminta porsi ekuitas yang cukup tinggi atau bahkan mencoba untuk mendominasi perusahaan startup tersebut. Mereka juga bisa menjadi sangat tidak sabar jika penjualan dan laba tidak bertumbuh sesuai dengan harapan mereka.

Investor formal ini biasanya akan menginvestasikan dana pada bisnis yang benar-benar mereka pahami. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai mengenai pasar dan teknologi dari bisnis terkait yang mereka danai (Timmons & Spinelli, 2004).

 

Penulis:
Galuh Candya Callista
Analisis pengaruh karakteritsik bisnis startup terhadap keputusan investasi