gudnyus
20 September 2021, 22:40 WIB
Last Updated 2021-09-20T15:40:59Z
Kabar Baik

Gaungkan Islam Ramah, PWNU Kepri Gelar Madrasah Kader

Advertisement

Foto: Pradanna Putra Tampi
 

Gudnyus.id - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Kepulauan Riau menggelar Madrasah Kader Nahdatul Ulama (MKNU) bertempat di Golden View Hotel Batam pada 17 - 19 September 2021.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Dr. Masduki Baidlowi yang hadir membuka MKNU menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya menjaga Islam Ahlusunnah Wal Jamaah dalam merawat persatuan bangsa.

"Kita perlu melaksanakan MKNU di seluruh Indonesia, karena masyarakat Indonesia mayoritas menganut Islam Ahlusunnah Wal Jamaah. Masyarakat Islam yang ramah, moderat dan toleran ini sudah dari dulu dan perlu dipertahankan," ungkapnya.

Juru Bicara Wakil Presiden RI ini mengungkapkan kini di media sosial semakin masif terjadinya penyebaran paham yang mengatasnamakan Islam namun justru mengancam terjadinya perpecahan pada kebhinekaan di Indonesia.

Sehingga ia mengharapkan Kader NU di Provinsi Kepri terus menampilkan wajah Islam yang ramah, yang menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi, toleransi, dan menghargai hak hak orang lain.

"Kepada kader-kader NU di Kepri untuk terus mengembangkan ajaran Islam Ahlusunnah Wal Jamaah, karena pada dasarnya masyarakat kerpri itu ajarannya Ahlusunnah Wal Jamaah, MKNU ini untuk mengingat kembali, membangun kembali dan menguatkan semangat kader," harapnya.

Sementara itu Sekretaris Tanfidziyah PWNU Provinsi Kepri, Kiai Herianto mengatakan kegiatan MKNU diikuti lebih dari 100 peserta dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Ke depan dengan adanya MKNU ini setiap pengurus dan kader NU di setiap wilayah Kepri akan lebih semangat mengembangkan Ahlusunnah Wal Jamaah karena telah mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Saya mengajak seluruh pengurus dan kader, khususnya generasi muda NU di Kepri marilah kita bersama-sama menguatkan Ahlusunnah Wal Jamaah di Kepri," ajak dia.

Dalam kegiatan MKNU yang diselenggarakan PWNU Provinsi Kepri ini juga turut hadir sejumlah tokoh PBNU sebagai narasumber diantaranya Drs. H. Sultonul Huda. M.Si, Dr. H. Endin AJ Soefihara, MMA, Dr. KH. Muh. Mujib Qulyubi, MH, H. Robikin Emhas, SH., MH, Ir. H. Suwadi D. Pranoto, H. Achmad Sudrajat, MA, H. Muhammad Wahib, Dr. (Cand) Daniel Zuchron, M.Ud, KH. Aizzudin Abdurrahman, SH dan Ir. H.M. Bahauddin, S.Pd.