Bapakguru
20 September 2021, 09:05 WIB
Last Updated 2021-09-20T02:07:16Z
Batam

Dompet Dhuafa Kepri Bersihkan Pantai Nongsa dalam Peringatan World Cleanup Day

Advertisement

 


GUDNYUS.ID - World cleanup day (WCD) diperingati sebagai hari sampah sedunia sejak 2018. Hari sampah sedunia memberikan perhatian pada sampah tidak hanya cara membersihkannya namun juga cara mengurainya. Aksi sosial global tahunan ini, mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut.


Dompet Duafa sebagai lembaga yang selalu berusaha merespon aksi-aksi sosial dengan cepat kembali hadir untuk melakukan aksi ini. Dompet Duafa Volunteer (DDV) Kepulaun Riau melakukan pembersihan sampah di pantai Batu Besar Nongsa Kota Batam, Minggu (19/9). Aksi ini dilakukan di sepanjang Pantai Bahagia dengan memisahkan sampah sesuai jenisnya agar mudah untuk pengolahan selanjutnya.



Azizul Hakim, koordinator kegiatan WCD 2021 DDV Kepulauan Riau berharap kegiatan ini bisa sedikit membantu mengurangi sampah di Bumi. “Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap bumi, agar penumpukkan sampah khususnya di pantai Batam sedikit berkurang” ujarnya.

 

Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Kepri, Didik Supryanto, mengatakan aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan bumi dari limbah yang tidak dikelola dengan baik.

 


“Semoga dengan diadakannya aksi ini  menambahkan rasa kepedulian masyarakat tentang kebersihan. Baik itu cara membersihkan sampah yang Ia hasilkan sendiri ataupun sampah yang ada disekitarnya.” Ujar Didik.

 

Aksi bersih sampah ini diikuti oleh lebih dari 150 negara dan telah menyatukan jutaan orang untuk hari pengumpulan sampah terbesar dalam sejarah manusia. Aksi ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, organisasi, hingga individu untuk turut berkontribusi dalam permasalahan limbah. (mu)