Danis
22 Juli 2022, 21:47 WIB
Last Updated 2022-08-21T07:50:41Z
BP Batam

Icon Kota Batam dan Dampaknya bagi Investasi

Advertisement

Gudnyus.id - Pertumbuhan Kota Batam memiliki catatan yang mengesankan dari tahun ke tahun. Keterbatasan sumber daya alam menjadi salah satu pemicu untuk menjadi kreatif dan inovatif. Menyikapi keadaan tersebut, berbagai strategi dilakukan untuk menjaga perekonomian di Kota Batam selalu stabil. Sebagai penguat identitas kawasan yang ramah investasi, dibuatlah sebuah icon Kota Batam.

Kebijakan untuk membuat ikon atau landmark bukan hanya terjadi di Batam saja. Berbagai daerah atau bahkan negara lain juga turut melakukan hal yang sama. Dengan adanya icon yang dibuat akan semakin menguatkan identitas sebuah daerah. Pastinya hal ini akan sangat bertautan dengan memori ataupun kesan bagi para wisatawan, calon investor, investor, dan tentu saja bagi masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Berkaitan dengan icon Kota Batam yang ada, dengan mudahnya Anda akan mengenalinya. Berbagai icon di Kota Batam dibangun bersamaan dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan. Dari segi historisnya, pembangunan Kota Batam yang sudah dimulai sejak tahun 1970 memberikan dasar yang kuat bagi pembangunan selanjutnya. Sehingga ini menjadi titik tolak Kota Batam untuk lepas landas menjadi kawasan yang dikhususkan bagi investasi.

Icon Kota Batam dan Perannya untuk Investasi

Salah satu ikon Kota Batam yang menjadi pusat perhatian masyarakat luas adalah Jembatan Barelang. Sebuah mahakarya dari hasil pembangunan infrastruktur Batam. Jembatan ini menjadi tonggak sekaligus penanda sebuah momentum dalam dunia investasi. Penamaan jembatan Barelang bukanlah tanpa sebab. Diharapkan jembatan ini mampu memajukan ekonomi pulau-pulau yang berada di sekitar Pulau Batam.

Jembatan Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Pembangunan jembatan ini dimulai sejak tahun 1992 dan dinyatakan selesai pada tahun 1998. Pembangunan jembatan tersebut menyedot dana sebesar 400 miliar rupiah. Pemrakarsa pembuatan Jembatan Barelang adalah mantan presiden B.J. Habibie, sehingga jembatan tersebut juga sering kali disebut sebagai Jembatan Habibie.

Pembangunan jembatan tersebut selain memperlancar aktivitas perekonomian masyarakat di sekitar Pulau Batam, juga membawa pengaruh positif lainnya. Aktivitas transportasi darat menjadi semakin lancar. Industri yang selama ini berpusat di Kota Batam dapat terhubung dengan wilayah-wilayah yang berada di sekitar Pulau Batam. Tidak hanya mencakup lalu lintas barang saja, tetapi juga lalu lintas manusia.

Jembatan Barelang yang sudah berdiri kokoh juga memiliki fungsi lainnya. Seperti yang sudah dikemukakan oleh mantan presiden B.J. Habibie. Batam yang berkembang dengan cepat dan pesat pasti akan membutuhkan daerah-daerah sekitarnya sebagai penyangga ataupun pendukung. Keadaan inilah yang mendasari pembangunan Jembatan Barelang, karena Kota Batam membutuhkan daerah sekitarnya.

Semangat untuk bertumbuh bersama menjadikan Jembatan Barelang sebagai infrastruktur yang sangat penting dalam menunjang investasi di kawasan Batam. Pembangunan jembatan merupakan sebuah upaya untuk semakin mengintegrasikan potensi-potensi yang ada antara Batam dengan daerah di sekitarnya. Pertumbuhan perekonomian dan pemerataan pembangunan diharapkan akan semakin terdistribusi dengan baik.

Pembangunan infrastruktur yang sampai sekarang masih terus diupayakan oleh BP Batam merupakan sarana untuk semakin menguatkan minat para calon investor maupun investor. Infrastruktur haruslah selalu menjadi fokus perhatian utama karena berkaitan dengan perdagangan dan perekonomian. Berbagai pembangunan infrastruktur merupakan bentuk investasi di masa depan bagi Kota Batam.

Ide untuk membuat Jembatan Barelang yang digagas merupakan sebuah strategi yang visioner untuk menyikapi perkembangan investasi di Batam. Semakin meningkatnya kebutuhan, populasi, dan kawasan industri membuat infrastruktur menjadi nadi utama dalam memberikan kenyamanan bagi para investor. Jembatan Barelang bukan hanya sebagai icon Kota Batam, tetapi juga simbol potensi investasi di Batam dan sekitarnya.