gudnyus
18 Maret 2019, 13:22 WIB
Last Updated 2019-03-18T06:22:52Z
Wow

Berhenti Merokok 5 Tahun, Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kamu

Advertisement
Berhenti Merokok 5 Tahun, Ini Yang Akan Terjadi Pada TubuhKamu (Foto:unsplash.com)
Gudnyus.id - Konsumsi rokok dapat merugikan kesehatan seseorang, baik perokok itu sendiri maupun perokok pasif. Merokok merupakan penyebab utama penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru menahun, gangguan janin, gangguan pernapasan (PPOK, dan asma), impotensi, dan kesuburan.

Akibatnya, bukan hanya pengeluaran biaya yang mahal untuk pengobatan, tetapi juga hilangnya waktu produktivitas sebagai masyarakat produktif.

Di dalam sebatang rokok terkandung 4 ribu jenis senyawa kimia, seperti nikotin yang menyebabkan kecanduan. Dari 4 ribu itu terdapat 400 jenis zat beracun, diantaranya racun serangga, racun tikus, kapur barus, pembersih lantai, gas beracun, dan zat pengawet mayat, serta 43 zat beracun yang menyebabkan kanker seperti tar atau aspal.

Dengan segala keburukan yang ada dalam rokok, adalah sebuah kebaikan bila kamu memang ingin segera berhenti dari kebiasaan merokok.

Mungkin kamu perlu tahu beberapa manfaat ini dari meninggalkan kebiasaan merokok yang secara bertahap akan berpengaruh terhadap tubuhmu:

Menit-Menit Pertama
Bila kamu berhenti merokok selama 20 menit pertama, tekanan darah, denyut jantung, dan aliran darah tepi membaik. 12 jam berhenti merokok, hampir semua nikotin dalam tubuh sudah dimetabolisme, tingkat CO di dalam darah menjadi normal.

Hari-Hari Pertama
Selanjutnya di 24-48 jam berhenti merokok, nikotin mulai tereliminasi dari tubuh, fungsi pengecapan dan penciuman mulai membaik, serta sistem kardiovaskular meningkat baik.

5 hari berhenti merokok, sebagian besar metabolit dalam tubuh sudah hilang, fungsi perasa atau pengecap, dan pencium jauh lebih baik, sistem kardiovaskular terus meningkat baik.

Bulan-Bulan Pertama
Kemudian pada 2-6 minggu berhenti merokok, risiko infeksi pada luka setelah pembedahan berkurang secara bermakna, fungsi silia saluran napas dan fungsi paru membaik.

Napas pendek dan batuk-batuk berkurang. 1 tahun berhenti merokok, risiko penyakit jantung koroner menurun setengahnya dibandingkan dengan orang yang tetap merokok.

Tahun-Tahun Pertama

Pencapaian atas 5 tahun berhenti merokok, maka risiko stroke menurun pada level yang sama seperti orang yang tidak pernah merokok. 10 tahun tidak merokok, risiko kanker paru berkurang setengahnya.

15 tahun berhenti merokok, semua penyebab mortalitas dan risiko penyakit jantung koroner menurun pada level yang sama seperti orang yang tidak pernah merokok. Tunggu apa lagi, berhenti merokok atau nyawa anda yang dihentikan rokok.

Nah, selain manfaat kesehatan, jika pengeluran rokok dialihkan untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi keluarga, maka akan lebih baik karena meningkatkan kualitas gizi dan sumber daya manusia keluarga. Bahkan diyakini menghilangnya kebiasaan merokok akan sangat membantu upaya pengentasan kemiskinan.