Iklan

gudnyus
18 Maret 2019, 12:58 WIB
Last Updated 2019-03-18T05:59:21Z
sehat

Cara Efektif Berhenti Merokok Total Dengan Cepat

Advertisement
Cara Efektif Berhenti Merokok Total Dengan Cepat (foto:unsplash.com)

Gudnyus.id - Berhenti dari kebiasaan merokok bukanlah hal sulit. Bila kamu benar-benar ingin memiliki hidup yang sehat, maka ada beberapa cara efektif untuk berhenti merokok dengan cepat.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa berdasarkan  data WHO pada 2011, di seluruh dunia kematian akibat rokok lebih dari 5 juta pertahun. (setiap 6 detik terjadi 1 kematian akibat rokok). Setiap 10 kematian, 2 di antaranya akibat rokok. Secara umum, perokok 10 tahun lebih dini meninggal dibandingkan yang bukan perokok.

Selain itu, data terbaru dari siaran pers yang dipublikasi WHO di 2017 menyebut secara global ada 1,1 miliar perokok tembakau berusia 15 atau lebih tua, dengan sekitar 80% hidup di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan sekitar 226 juta perokok hidup dalam kemiskinan.

Kalau tidak sekarang, kapan lagi kamu berhenti merokok, lakukan dengan cara dan langkah serta tips nya berikut ini. Cara dan Langkah Berhenti Merokok dengan cepat dan efektif.

Cara 1: Berhenti seketika.
Hari ini anda merokok besok anda berhenti sama sekali. Untuk kebanyakan orang, cara ini paling berhasil

Cara 2: Kurangi Secara Bertahap
Jumlah rokok yang dihisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai 0 batang pada hari yang ditetapkan. Misalnya hari pertama berhenti merokok, menghabiskan 10 batang, hari ke-2 atau ke-3 turun jadi 8 batang, dan seterusnya.

Untuk cara ke-2 ini harus ditentukan pola penurunannya dan tanggal berapa berhenti  merokok menjadi 0 batang. Tanggal itu harus diberitahukan pada keluarga, kerabat, atau teman agar mereka dapat membantu mengingatkan.

Tips Berhenti Merokok
  • Motivasi, yakni bulatkan tekad untuk berhenti merokok.
  • Berhenti merokok seketika atau total, atau melakukan pengurangan jumlah rokok yang dihisap secara bertahap.
  • Kenali waktu dan situasi dimana anda paling sering merokok.
  • Tahan keinginan merokok dengan menundanya.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Minta dukungan dari keluarga dan sahabat.
  • Konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

Kamu bisa memilih salah satu dari dua cara di atas. Namun yang terpenting adalah menanamkan keyakinan bahwa merokok adalah kebiasaan buruk. Dan selama mencoba berhenti merokok, cobalah menjauh beberapa waktu dari kawan-kawan kamu yang masih memiliki kebiasaan merokok. Semoga berhasil.