-->

Iklan

gudnyus
13 Maret 2019, 12:18 WIB
Last Updated 2019-03-13T05:32:12Z
sehat

Hindari Minum Kopi Sebelum Sarapan, Ini Dampak Buruknya

Advertisement
Hindari Minum Kopi Sebelum Sarapan Pagi (Foto:pexels)

Gudnyus.id - Ada banyak orang yang suka meminum kopi di pagi hari sebelum sarapan pagi. Biasanya, mereka meminum kopi dengan tujuan untuk menghilangkan rasa kantuk. Menurut kamu, sehatkah bila kita minum kopi sebelum sarapan pagi atau ketika perut masih kosong ?

faktanya, ahli kesehatan menyarankan kita untuk tidak minum kopi di sembarang waktu. Bila di malam hari kopi bisa menyebabkan kita kesulitan untuk tidur, ternyata kebiasaan minum kopi di pagi hari saat perut masih kondisi kosong atau sebelum sarapan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Sebab, kebiasaan ini memungkinkan terjadinya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, terutama hormon kortisol. Hormon ini biasanya muncul saat tubuh sedang stres. Namun hormon kortisol berperan penting terhadap kondisi tubuh, diantaranya mempengaruhi jalannya sistem metabolisme dan membuat tubuh segar serta tidak mudah mengantuk.

Biasanya Hormon Kortisol akan mengalami peningkatan jumlah di pagi hari agar dapat membuat kita terbangun dari tidur tanpa masih mengalami kantuk. Jumlah akan semakin berkurang hingga malam tiba.

Nah, kafein di dalam kopi juga memiliki peran yang sama dengan hormon kortisol. sehingga bila kita minum kopi di pagi hari, maka kandungan kafein ini akan menggantikan peran kortisol dan menggangu keseimbangan menurunkan produksi hormon itu.

Selain itu bila kita terbiasa minum kopi sebelum sarapan, maka tubuh akan terbiasa memproduksi kortisol dalam jumlah yang rendah di pagi hari. Akhirnya, tubuh kita pun akan menjadi candu terhadap kafein saat ingin menghilangkan kantuk.

Bayangkan jika kita sudah ketagihan atau candu dengan kopi, maka kita akan selalu meminumnya agar tidak mengantuk di pagi hari. Ini adalah kebiasaan buruk bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi, meminum kopi saat perut masih kosong dapat memicu meningkatnya asam lambung yang akan berdampak buruk terhadap pencernaan.

Asam lambung dapat menyebabkan sejumlah gejala yang mengganggu kenyamanan perut, seperti mual, sensasi panas dan bahkan luka pada lambung. Sehingga seharusnya kita tidak mengkonsumsi kopi bila belum sarapan pagi. Namun, cobalah untuk meminum kopi setelah perut kamu terisi, karena manfaatnya justru lebih banyak.