Iklan

gudnyus
13 Maret 2019, 13:14 WIB
Last Updated 2019-03-13T06:15:43Z
Skill

Ragam Jenis Teknologi Tepat Guna Yang Dilombakan di Indonesia

Advertisement
Ragam Jenis Teknologi Tepat Guna di Indonesia (foto:pexels)
 
Gudnyus.id - Upaya pemerintah indonesia untuk menerapkan dan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) telah dimulai sejak tahun 2000-an. Hal itu terlihat dari keluarnya instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia nomor 3 tahun 2001. Selanjutnya, dengan terbitnya peraturan menteri dalam negeri (permendagri) nomor 20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui TTG.

TTG atau teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harapan teknologi ini akan memudahkan atau menjawab permasalahan di tengah masyarakat. Idealnya, sebuah teknologi tepat guna adalah teknologi yang tidak merusak lingkungan, memiliki nilai tambah ekonomi dan dapat digunakan dengan mudah oleh masyarakat.

Lomba teknologi tepat guna yang setiap tahun diselenggarakan pemerintah, baik di tingkat Kota, Provinsi maupun pusat menjadi bentuk pengembangan TTG di Indonesia. Selain bertujuan menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan TTG berbasis potensi daerah, lomba TTG diharapkan akan memasyarakatkan teknologi untuk menumbuhkan budaya entrepreneur.

Sebelum mengikuti perlombaan teknologi tepat guna (TTG) ada baiknya kita mengenal ragam jenis TTG. Berikut ragam jenis teknologi tepat guna yang perlu diketahui:

1. TTG Kreasi
Teknologi tepat guna kreasi adalah teknologi dengan kreasi baru, metode baru, pelayanan baru yang sebelumnya belum pernah ada. Teknologi ini diharpakan mampu menjadi pemecah masalah dan bernilai tambah terhadap masyarakat, khususnya yang berada di perdesaan.

2. TTG Inovasi

Teknologi tepat guna inovasi adalah teknologi penyempurnaan dari yang sebelumnya sudah ada. Penyempurnaan dilakukan dengan perbaikan dan pemnaruan dari hasil kreasi atau penemuan dan pengembangan produk. TTG inovasi sebaiknya memiliki manfaat secara sosial maupun ekonomi serta memiliki perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektualnya.

3. TTG Ungggulan
Teknologi tepat guna unggulan adalah teknologi pembaharuan yang telah diproduksi dan digunakan oleh masyarakat. Beberapa kriteria dari TTG unggulan adalah mudah direplikasi, menggunakan kandungan/komponen lokal, ramah lingkungan, mudah digunakan dan aman bagi keselamatan pengguna. Teknologi unggulan diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah pada produk dan dapat bersaing dengan produk serupa bila dipasarkan secara global.