-->

Iklan

gudnyus
18 April 2019, 14:38 WIB
Last Updated 2019-04-18T07:38:24Z
Wow

Koboi, Avengers Hingga Malaikat Jaga TPS di Pemilu 2019

Advertisement
TPS Unik di Pemilu 2019, ada Koboi, Avengers hingga Malaikat

Gudnyus - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah selesai dilaksanakan pada 17 April 2019. Meski disinyalir ada beberapa kekurangan saat pemilu berlangsung, pelaksanaan pemilu di Indonesia secara umum berjalan dengan aman dan kondusif.

Keamanan dan kondusifitas Pemilu 2019 itu ternyata tidak lepas dari peran sejumlah sosok seperti koboi, Avenger bahkan malaikat yang turut serta menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tapi tentu saja mereka bukan sosok sungguhan.

Hadirnya sosok itu sebagian besar adalah cara panitia pemungutan suara untuk menarik partisipasi masyarakat agar menggunakan hak suaranya. Nah, inilah beberapa keunikan petugas saat menjaga TPS di Pemilu 2019:

1. Koboi di TPS 11 Pulosari, Surabaya

Koboi cantik menjaga TPS (foto: detik.com)
Dikutip dari news.detik.com, TPS di Makassar, Sulawei Selatan terbilang unik dengan kehadiran petugas berpakaian ala koboi. Mereka hadir dengan koboi agar membuat suasana lebih santai, bahkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) memberikan suguhan bagi calon pemilih yang menunggu giliran mencoblos.

2. Avengers di TPS 5 Pondik Benowo Indah, Surabaya
Sebelum main EndGame, Avengers Jaga TPS Dulu (foto: Antarafoto/zabur Karuru)
Dikutip dari Viva.co.id, di TPS 005 tampak lima superhero Avengers menjaga pemungutan suara. Beberapa 'pahlawan super', seperti Captain Amerika, Batman, Spiderman, Superman hingga The Flash sigap mendata pemilih, mengecek logistik hingga mendampingi pemilih berkebutuhan khusus tiba di kotak suara dengan aman.

Kehadiran para 'superhero' di film Marvel itu tak pelak menjadi daya tarik masyarakat sekitar perumahan untuk hadir ke TPS. Tak terkecuali, anak-anak yang ikut ke TPS sekadar menonton sang pahlawan.

3. Mahabrata di TPS 1 Magersari, Sidoarjo

Pasukan Kerajaan Mahabrata Ambil Bagian untuk Masa Depan Bangsa (foto: VOA/Petrus Riski)
Dikutip dari voaindonesia.com, sejumlah umbul-umbul langsung menyambut warga yang berjalan kaki menuju TPS 01 Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Sebuah gapura dengan gunungan wayang di kiri dan kanan menjadi pintu masuk bagi warga yang akan memberikan hak suaranya, pada Pilkada Jawa Timur 27 Juni 2018.

Empat orang prajurit lengkap dengan tombak dan tameng, bersiaga di depan tenda TPS 01 Magersari. Sementara di dalam tenda, sembilan orang petugas di TPS berpakaian layaknya ksatria kerajaan.

4. Samurai di TPS 4 Cilandak, Bandung

Samurai dan nuansa jepang di Bandung (foto:humasbangung)
Dikutip dari cnnindonesia.com, Di TPS 04 RW 02, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung, yang menghadirkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bernuansa Jepang. Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 04 terlihat mengenakan pakaian tradisional Jepang, Kimono dan Hakama. Selain itu, ada juga petugas yang menggunakan Hachimaki atau syal yang diikatkan di kepala.

Desain TPS ala Jepang itu sontak mengundang perhatian warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 04 Cibadak. Tak sedikit warga yang berswafoto bersama petugas pemilihan saat pencoblosan berlangsung.

5. Malaikat, Sang Polisi
Ada Malaikat, Semua Tenang dan Damai (Foto:istimewa)
Kalau yang ini bukan petugas TPS, melainkan seorang polisi yang kebetulan bernama malaikat. Sosok polisi ini viral di jagat maya karena mengesankan bahwa pemilu 2019 dijaga oleh malaikat.

Pada pemilu 2019 ini memang Mabes Polri menerjunkan 271.880 personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia. Pengamanan di TPS tersebut dilakukan guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Nah, yang pasti kita wajib mensyukuri pemulu 2019 berjalan dengan aman ya. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah menjadikan pesta demokrasi di Indonesia menjadi pesta yang menggembirakan.