-->

Iklan

gudnyus
26 Mei 2019, 21:29 WIB
Last Updated 2019-05-26T14:29:58Z
Info

Gara-Gara Bikin Pesawat Delay, Menteri di Meksiko Mundur

Advertisement

Gudnyus.id - Menteri lingkungan hidup Meksiko, Josefa Gonzalez Blanco Ortiz Mena mengundurkan diri pada Sabtu (25/5). Dalam waktu sepekan ini, Gonzalez Blanco menjadi pejabat senior kedua yang menyerahkan jabatannya di pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Dalam surat pengunduran dirinya, Gonzalez Blanco menjelaskan ia menjadi penyebab keterlambatan sebuah penerbangan komersil saat melakukan perjalanan kenegaraan pada Jumat, 24 Mei 2019. Keterlambatan penerbangan mengakibatkan para penumpang yang satu pesawat dengannya dan rombongan tidak berangkat tepat waktu.

“Tak ada pencarian pembenaran. Perubahan Meksiko yang sesungguhnya memerlukan kesetaraan tpada seluruh nilai dan keadilan. Tidak ada keistimewaan dan keuntungan dari siapapun, meski sedang dalam tugas negara. Tidak boleh ada yang diistimewakan melebihi suara mayoritas,” kata Gonzalez Blanco di surat pengunduran dirinya.

Pemintaan pengunduran diri Gonzales Blanco ini diterima oleh Presiden Lopez Obrador. Ia menilai Gonzales Blanco telah bersikap jujur dan meminta maaf kepada masyarakat yang dirugikan.

Sejak menjabat pada Desember 2018 lalu, Presiden Lopez Obrador memilih penggunaan pesawat komersil dalam perjalanan kenegaraan sebab ia berjanji dalam kampenyenya akan menjual pesawat kepresidenan Meksiko yang dianggap terlalu mewah.

Sebelumnya, Kepala jaring Keamanan Sosial meksiko, German Martinez juga mengundurkan diri pada Selasa (21/5). Martinez kecewa terhadap pemangkasan anggaran dan PHK yang diperintahkan Kementerian keuangan Meksiko karena dinilai membahayakan layanan kesehatan bagi masyarakat miskin.

Foto: altonivel.com