Iklan

gudnyus
26 Mei 2019, 20:49 WIB
Last Updated 2019-05-26T13:53:04Z
Insight

Implementasi AR di Beragam Bidang Industri

Advertisement


Gudnyus.id - Augmented Reality dapat diaplikasikan adalah pemasangan, pemeliharaan, dan reparasi mesin-mesin berstruktur kompleks, seperti mesin mobil. Instruksi-instruksi yang dibutuhkan dapat dimengerti dengan lebih mudah dengan realitas tertambah, yaitu dengan menampilkan gambar-gambar tiga dimensi di atas peralatan yang nyata.

Gambar-gambar ini menampilkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya dan cara melakukannya. Selain itu, gambar-gambar tiga dimensi ini juga dapat dianimasikan sehingga instruksi yang diberikan menjadi semakin jelas.

Baca juga: Perbedaan Augmented Reality dan Virtual Reality

Dalam bidang pemasaran perusahaan sering menggunakan beberapa cara untuk mengiklankan produknya, pemasaran dengan menggunakan augmented reality salah satunya yaitu memunculkan gambar 3D suatu produk, media yang digunakan bisa berupa brosur yang diberi marker untuk memunculkan gambaran 3D pada brosur. Dengan begitu pembeli atau pelanggan bisa melihat secara detail produk yang dijual perusahaan tersebut.

Beberapa peneliti dan perusahaan telah membuat beberapa prototipe di bidang ini. Perusahaan pesawat terbang Boeing tengah mengembangkan teknologi realitas tertambah untuk membantu teknisi dalam membuat kerangka kawat yang membentuk sebagian dari sistem elektronik pesawat terbang.

Kini, untuk membantu pembuatannya teknisi masih menggunakan papan-papan besar yang perlu disimpan di beberapa gudang penyimpanan yang terpisah. Menyimpan instruksi-instruksi pembuatan kerangka kawat ini dalam bentuk elektronik dapat menghemat tempat dan biaya secara signifikan.

Augmented Reality selain pada bidang Industri, juga diterapkan dalam berbagai bidang, terutama pada bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang militer, bidang, navigasi, bidang hiburan. Augmented Reality dapat digunakan pada berbagai perangkat, termasuk diantaranya smartphones dan tablets, yang memiliki ratusan aplikasi AR. Berikut ini merupakan beberapa penerapan Augmented Reality pada berbagai bidang:

1. Pendidikan
Dengan penggabungan konsep dunia nyata dan dunia maya, seorang guru yang menggunakan software berbasis AR akan dengan mudah menjelaskan suatu objek 3D dalam pembelajaran secara mudah dan fun kepada siswanya. Misalkan dalam pembelajaran “Planet dan Galaksi”, Guru dengan mudahnya menampilkan visual beberapa planet, ukurannya dan pergerakannya terhadap matahari.

2. Kesehatan
Dengan AR dalam bidang kesehatan memudahkan dokter dan perawat berlatih dan mempelajari anatomi tubuh manusia tidak menggunakan boneka. Sekarang dosen di Sheffield Hallam University membuat boneka ini lebih realistis dengan melapiskan video dari pasien (diperankan oleh aktor) di atas dummy. Dengan memegang komputer tablet lebih manekin, peserta pelatihan akan mengaktifkan video dari 'pasien' berbicara.

Para peneliti di Universitas Purdue dan Indiana University School of Medicine di AS telah mengembangkan sistem untuk Telementoring dengan Augmented Reality (STAR), sebuah cara baru yang memungkinkan ahli bedah spesialis jarak jauh memberikan petunjuk medis untuk dokter yang melakukan operasi. Sebelumnya 'telementoring' perangkat yang dibutuhkan ahli bedah untuk melihat jauh dari pasien ke layar, terpisah untuk instruksi dari 'mentor' mereka.

Dengan sistem baru, layar transparan ditempatkan di depan meja operasi, sementara dari suatu tempat, mentor menarik garis ke layar, yang menunjukkan keberadaan sayatan harus dibuat. Dalam perkembangan yang sama dari University of Alabama, mentor dapat memperindah proyeksi tangan bedah mereka, sehingga mereka dapat meniru gerakan ahli.

3. Hiburan
Permainan yang dikeluarkan oleh Niantic dimana kita harus menangkap monster-monster lucu yang tersebar di penjuru kota tengah mendapatkan perhatian dari pengguna smartphone di seluruh dunia. Permainan ini memang tidak seperti permainan smartphone kebanyakan.

Jika permainan lain dapat dimainkan sambil duduk atau berbaring, maka Pokémon Go memaksa pemainnya untuk berjalan ke titik-titik tertentu agar dapat menemukan Pokémon. Pokémon Go menggunakan teknologi GPS untuk melacak pergerakan pemain serta teknologi Augmented Reality (AR) untuk menampilkan Pokémon di layar saat menggunakan kamera.

4. Manufaktur
Bidang lain di mana Augmented Reality dapat diaplikasikan adalah pemasangan, pemeliharaan, dan reparasi mesin-mesin berstruktur kompleks, seperti mesin mobil. Instruksi-instruksi yang dibutuhkan dapat dimengerti dengan lebih mudah dengan Augmented Reality, yaitu dengan menampilkan gambar-gambar tiga dimensi di atas peralatan yang nyata.

Gambar-gambar ini menampilkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya dan cara melakukannya. Selain itu, gambar-gambar tiga dimensi ini juga dapat dianimasikan sehingga instruksi yang diberikan menjadi semakin jelas.

Ditulis oleh:
Farhat, ST, MMSI, MSc
Paper Realita Tertambah (Augmented Reality)
Foto: rs-online.com