Iklan

gudnyus
29 Juli 2019, 21:44 WIB
Last Updated 2019-07-29T14:44:43Z
Insight

5 Game Engine Terbaik Untuk Pemula Hingga Profesional

Advertisement
Foto: riotgames.com
Gudnyus.id - Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi pasar game dunia, tak heran banyak sekali perusahaan game menjadikan Indonesia sebagai sasaran mengingat begitu banyak pengguna smarthphone dan juga pengunduh game yang cukup ramai.

Ini merupakan potensi yang besar bagi startup game di Indonesia untuk terus meluncurkan game. Kesempatan ini bisa di ambil developer game  dengan turut membuat game android. Berikut lima game engine yang bisa di pakai developer untuk membangun sebuah game :

1. Construct 2
Bagi kamu yang tidak memeliki pengalaman mencoding game, construct 2 bisa jadi solusinya. Construct 2 merupakan game engine yang cukup populer dengan cara drag and drop.Selain menyediakan versi gratis, construct 2 juga tidak memerlukan spesifikasi pc yang besar. Sehingga bagi developer dengan pc spesifikasi menengah ke bawah dapat menggunakan search engine ini untuk membangun game.

Dengan moto Build Once, Publish Everywhere, maka sekali build , bisa di pakai untuk 14 konsol seperti : Web (HTML5),iOS, Windows 8,  Windows Desktop, Windows Phone 8, Mac Desktop, Linux Desktop, Blackberry 10,  Wii U, Tizen, Facebook, Chrome Web Store, Amazon Appstore, Firefox Marketplace,

2. GameSalad

Selain construct, GameSalad juga bisa jadi jawaban bagin developer game yang tidak punya background programming. GameSalad memiliki monetization, yaitu fitur yang memperbolehkan kita sebagai developer untuk memaksimalkan pendapatan melalui game baik menggunakan iklan maupun In-App Purchase.

GameSalad dapat di build ke berbagai platform seperti iOS, Android, Tizen, Mac, Windows 8, dan Web (HTML5). GameSalad menyediakan versi gratis  serta PRO dengan biaya $299 pertahun

3. Game Maker

Jika kamu mengetahui game Hotline Miami, maka kamu juga harus tahu game engine yang membangunnya, yaitu gamemaker. Game engine ini memiliki versi standar maupun professional. Namun sayang versi standar sangat terbatas fitur-fitur yang dimilikinya sehingga apabila anda ingin fitur-fitur yang jauh lebih lengkap anda harus membeli GameMaker professional seharga $99.99

4. Cocos2d-x

Jika Construct dan GameSalad tidak mewajibkan pengembangnya memiliki keahlian programming,maka game engine merupakan kebalikannya. Pengembang game harusnya basic programming yang baik untuk memakai game engine ini. Game yang dibuat dengan Cocos2d-x juga tidak sembarangan, Contohnya saja Contra: Evolution dan Zenonia 5: Wheel of Destiny.

Cocos2d-x bersifat open source, dan kamu dapat memakai semua fiturnya secara gratis. Game yang dibuat dengan Cocos2d-x dapat diinstall ke iOS, Android, Windows Phone, HTML5, Windows, BlackBerry, dan Web.

5. Unity3D

Bagi pengembang game,platform unity memang sudah asing. Sudah banyak game di playstore dibangun oleh game engine ini. Untuk mendapatkan software full version, kamu cukup mengunduh di situs resminya www.unity3d.com. Adapun hasil build game unity dapat di pakai dalam perangkat iOS, Android, Windows 8, Blackberry, Windows Phone 8, Windows Store Apps, Mac, Linux, Web, Oculus Rift, PS3, PS4, PSVITA, PlayStation Mobile, XBOX One, XBOX 360,dan Wii U

Jadi,ini bisa jadi kesempatan kamu buat meraup pundi pundi rupiah sekaligus belajar di dunia digital seperti game. yuk keluarkan potensimu.

Penulis: Irfan Rifai