-->

Iklan

gudnyus
29 Juli 2019, 21:13 WIB
Last Updated 2019-07-29T15:46:56Z
Insight

5 Hal Unik Yang Hanya Ada Di Batam

Advertisement

Gudnyus.id - Batam? dimana tuh? emang ada apa disana? Tau kah kalian Batam dibangun oleh salah satu tokoh nasional Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, beliaulah yang membuat Batam menjadi seperti ini, banyak rancangannya yang dijadikan masterplan, akan hal itulah Batam bisa memiliki kota yang sangat tertata.

Batam terletak di Sumatera lebih tepatnya di Kepulauan Riau, Batam juga salah satu kota industri terluar Indonesia yang berbatasan langusung dengan Singapura, maka dari itu jangan heran apabila kalian berkunjung ke Batam akan banyak kalian temui Warga negara Asing (WNA) berlalu lalang, dan juga banyak kendara mewah, dan juga kendaraan proyek yang melintas dengan bebas.

Tapi jangan khawatir Batam juga memiliki banyak destinasi wisata dan juga hal hal unik yang kalian hanya bisa jumpai di Batam, Berikut adalah 5 Hal unik yang hanya ada di Batam:

1. Satu Kota dengan Enam Jembatan
Foto: indonesia-tourism.com
 Kota Batam memiliki ikon unik berupa jembatan, bukan hanya dari bentuknya saja yang menjadi ikon unik namun batam juga memiliki 6 jembatan yang saling menghubungkan mulai Dari Pulau Batam ke Pulau Tonton dihubungkan dengan Jembatan Tengku Fisabilillah dengan panjang 642 meter. Dari Pulau Tonton ke Pulau Nipah dihubungkan Jembatan Nara Singa sepanjang 420 meter.

Jarak Pulau Nipah menuju Pulau Setokok dihubungkan Jembatan bernama Raja Ali Haji sepanjang 270 meter. Dari Pulau Setoko ke Pulau Rempang dihubungkan Jembatan Sultan Zainal Abidin sepanjang 365 meter.

Dari Pulau Rempang ke Pulau Galang dihubungkan Jembatan Tuanku Tambusai sepanjang 385 meter. Dari Pulau Galang ke Pulau Galang Baru dihubungkan Jembatan Raja Kecik sepanjang 180 meter. Dan tenyata hal ini hanya dapat dijumpai di Batam saja loh.

2. Pelabuhan Internasional Terbanyak di Indonesia.
Foto: foursquare.com/Bobby M.
Batam merupakan kota kecil yang berhadapan langsung dengan negara asing (Singapura dan Malaysia), maka dari itu tidak heran jika batam memiliki banyak fasilitas pelabuhan diantaranya : Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre, Pelabuhan Ferry Internasional Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Internasional Waterfront, dan Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay.

Hal ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi Kota Batam, karena menjadi satu satunya kota dengan jumlah pelabuhan internasional terbanyak. Ditunjang lagi dengan adanya fasilitas bebas visa untuk pelancong dari warga negara tertentu.

3. Infrastruktur Jalan Layaknya di Ibu Kota

Foto: Youtube.com/Khairul Huda
Bagi kalian yang senang berpergian dijalanan kota, Batam merupakan salah satu kota yang memiliki Infrastruktur terunggul, apabila kalian memerhatikan, nilai estetika suatu kota, kalian akan kagum dengan apa yang ditawarkan kota ini. Mulai dari jalanannya yang  terhampar lebar membuat kita nyaman ketika berwisata atau menjelajahi kota ini menggunakan kendaraan, ditambah lagi lampu dan taman jalan yang ditata seindah mungkin.

Serta pemerintahnya sendiri memang melarang pembangunan di pinggir jalan protokol. Kerennya lagi, di kota ini kamu juga akan jarang melihat kesemrawutan rangkaian kabel listrik seperti yang biasa kamu temui di kota besar lainnya. Semua jaringan listrik telah ditanam sedemikian rupa di dalam tanah dan lebih kerennya lagi setiap tahun pemerintah terus menggalakan pelebaran dan pembangunan infrastruktur.

4. Surganya Barang Elektronik dengan Harga Murah
Bagi sebagian Orang ada yang mengenal Batam dengan Black Marketnya, emang terdengar agak gimana gitu tapi sekarang hal itu sudah bisa ditangani, justru sekarang Batam merupakan rumah dari barang-barang berkualitas dengan banderol murah. Ketika ke sini kamu akan mudah mendapatkan produk-produk branded yang harganya bersahabat banget dengan kantong.

Akan hal unik ini, banyak orang-orang yang pergi ke Batam hanya untuk belanja. Tapi nih, ada rumor-rumor yang mengatakan kalau belanja di Batam harus jeli karena beberapa barang ternyata rekondisi alias dipermak dengan tujuan terlihat meyakinkan.

5. Beli Rumah tidak dengan Tanahnya
Ada Hal unik di Batam dimana tanah di Batam umumnya hanya berstatus Hak Guna Bangunan (HGB). Lahan tersebut sepenuhnya berada dibawah pengelolaan BP Batam. Pemegang hak kelola lahan umumnya diberi izin kelola selama waktu tertentu, bisa juga diperpanjang, dengan membayar uang sewa lahan atau lebih dikenal dengan Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO).

Ketentuan itu dikarenakan Batam merupakan kota industri yang memiliki lahan sangat terbatas. Jika tanah dibuat hak milik, pemerintah khawatir akan kesulitan mengembangkan kawasan Batam. Jadi kalau kalian ingin memiliki rumah di Batam kalian harus membayar UWTO setiap 20 tahun sekali.

Nah, itulah 5 keunikan yang hanya ada di Batam menurut kami. Ada hal unik lain yang ingin kamu tambahkan? tulis aja di komentar ya.

Penulis: Calvin