Iklan

Bhama
28 Oktober 2019, 19:29 WIB
Last Updated 2019-10-28T12:31:33Z
Insight

Anak sekolah Ke Luar Negeri, Orang Tua Harus Ketahui Hal Ini

Advertisement


Gudnyus.id - Sebagai orang tua, tentunya kamu memiliki banyak hal yang harus dipertimbangkan mengenai rencana anak ingin bersekolah ke luar negeri. Apabila kamu masih sedikit ragu-ragu untuk mengambil keputusan besar ini, kami akan coba memberikan beberapa hal yang dapat membantu. 

1. Siapkan Dana Pendidikan
Kesiapan dana sering kali menjadi bahan pertimbangan bagi setiap orang tua untuk menyekolahkan anaknya keluar negeri. Bila dikurskan, terkadang jumlah biaya total bisa mengejutkan hasilnya, memang harus diakui sekolah ke luar negeri memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Akan tetapi kamu sebagai orang tua harus meyakini bahwa kuliah keluar negeri merupakan suatu investasi jangka panjang untuk anak kamu. Percaya atau tidak ilmu dan pengalaman yang anak kamu dapatkan dengan bersekolah keluar negeri merupakan sesuatu yang sangat berharga, mereka akan memiliki bekal nilai tambah yang bisa menghasilkan kesuksesan untuk mereka di masa yang akan datang.

2. Pertemanan Global
Anak kamu akan bergaul dan berteman dengan orang-orang dari berbagai negara, hal ini akan membuat sebuah network yang sangat luas. Dengan pertemanan secara global anak kamu akan mendapatkan wawasan lebih, dan dapat mempelajari pola pikir, ilmudan budaya lain yang belum pernah ia tau. Dan kamu harus percaya dengan menyekolahkan anak kamu ke luar negeri bisa mendapatkan peluang lebih di masa yang akan datang.

3. Keamanan dan Kemandirian 
Semua orang tua tentunya menginginkan anaknya selalu aman dan terlindungi, memang apabila anak kamu masih berada di luar negeri, namun jangan khawatir anak kamu di luar negeri dipantau oleh pihak-pihak yang akan membantu menjaga dan megawasi buah hati kamu. Dan pihak sekolahpun akan melaksanankan pastrol care, dimana sekolah buah hati kamu akan memberikan banyak bantuan terhadap anak kamu.

Mereka bisa memberikan berupa bantuan layanan pendukung seperti bahasa dan pembelajaran, program dukungan, dll. Dengan hidup di luar negeri anak kamu akan lebih berjaga-jaga dan lebih cepat untuk belajar dikarenakan mereka ‘terpaksa’ melakukan semua hal sendiri termasuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti mencuci pakaian, membersihakan ruangan dll.

Tentunya kemandirian tersebut menjadi pengalaman berharga bagi anak kamu untuk menjadi lebih bertanggung jawab atas dirinya. Tanpa orang tua sadari, terkadang proteksi yang berlebihan dapat dapat membuat anakmu cenderung kepada pribadi yang ketergantungan, manja, dan ragu dalam setiap pengambilan keputusan.

4. Ketersedian Jurusan Yang Diminati
Sekolah di luar negeri membuka banyak peluang studi yang mungkin tidak disediakan di dalam negeri. Banyak jurusan-jurusan dan bidang studi yang tidak ada di dalam negeri kita, atau bahkan masih baru ditawarkan oleh institusi di luar. Perkembangan keilmuan di luar negeri begitu pesat sehingga menuntuk anak kita untuk menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi.

Dengan keahlian yang didapatkan sekolah-sekolah di luar negeri yang sudah membawa bidang studi secara lebih dahulu kamupun sebagai orang tua bisa merasa tenang dengan kualitas ilmu yang anak kamu dapatkan.

5. Nilai Tambah Di Dunia Kerja
Memiliki pengalaman bersekolah di luar akan memberikan nilai tambah bagi anak kamu di dunia kerja kelak, perusahaan mengerti bahwa Pendidikan di luar negeri akan memberikan ilmu, wawasan dan cara pandang yang berbeda.

Pengalaman anak kamu berinteraksi dengan berbagai kebudayaan, teman dari luar negeri juga dapat menambah kemampuan berbahasa asing yang signifikan, hal ini akan menjadi nilai tambah nantinya di dunia kerja. Perusahaan akan tertarik dengan anak kamu karena memiliki sesuatu yang lebih dan berbeda.

6. Perubahan Jaman
Di masa lalu mungkin banyak orang dengan kualitas Pendidikan namun sukses dalam berbisnis, kebanyakan pebisnis dari golongan ini berbekal keuletan dan naluri bisnis yang kuat. Sedangkan keadaan sekarang sudah banyak perubahan yang terjadi, anak-anak sekarang sudah hidup dengan sangat nyaman sehingga keuletan semakin menjauh dari kehidupan mereka. Naluri bisnis yang tajam hanya mungkin dipupuk dari kecil denga berkimpung langsung dalam dunia bisnis dan hal ini kemungkinan keci untuk dilakukan oleh generasi sekarang.

Jaman modern sekarang banyak sekali pebisnis sukses yang juga berlatar pendidikan tinggi dan bahkan sebagian dari mereka juga mengenyam Pendidikan di luar negeri, agar dapat memenangi persaingan yang semakin ketat serta memerlukan bekal yang kuat dan salah satunya bisa ditimba dari pendidikan yang berkualitas dan berwawasan global.

7. Mutu Dan Prasarana Pendidikan
Dengan dukungan dan dan komitmen penuh pemerintah luar negeri, roda perkuliahan akan berputar dengan mulus. Tenaga pengajar disana digaji dengan layak sehingga bisa berkonsentrasi dan berdedikasi penuh pada profesinya, yang memungkinkan untuk menghasilkan kualitas pelajar yang terjamin mutunya.

Ditunjang dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang lebih memadai serta sinergi yang baik antara dunia kampus dengan dunia usaha akan hal ini akan sangat menunjang lulusan dengan terciptanya lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan dan langsung diserap oleh dunia kerja.

Bagi kamu parang orang tua jangan takut untuk mengambil resiko demi perkembangan dan kemajuan anak mu kelak untuk menatap masa depan yang lebih baik, lebih baik kamu sebagai orang tua yang berkorban sedikit demi Pendidikan anak dari pada kelak harus mengorbankan masa depan anak.