-->

Iklan

Bhama
26 Oktober 2019, 23:26 WIB
Last Updated 2019-10-26T16:26:15Z
Insight

Tips Menentukan Jurusan Kuliah Yang Tepat

Advertisement

Gudnyus.id - Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih bidang studi adalah bahwa suatu gelar yang akan kamu dapatkan merupakan salah suatu jalan untuk sebuah karir kedepannya. Namun gelar ini bukanlah tujuan akhir, Studi yang kamu ambil akan mengarahkan ke jalur karir yang cocok untuk studi yang akan kalian ambil. 

Idealnya karir kamu kedepan sudah dipersiapkan sejak di bangku kuliah melalui pendidikan yang selaras. Satu hal yang perlu dicamkan, pendidikan di bangku formal sebenarnya tidak hanya mengajarkan kamu lkamusan teori dan keterampilan teknis, namun juga mengajarkan sebuah metode pemikiran dan logika general yang bisa dipakai untuk berbagai bidang pekerjaan apapun!

Sebelum terlalu memaksakan diri atas impian, ada perlunya juga mengetahui bahwa tidak semua mahasiswa dari satu bidang studi selalu berakhir untuk bekerja di bidang tersebut. Tidak semua mahasiswa teknik menjadi insinyur dan tidak semua mahsiswa pemasaran berakhir di bidang marketing, tetapi mereka tetap sukses. 

Apa yang perlu dipikirkan ialah bidang studi apa yang cocok untuk kamu dan bagaimana kamu bisa mengembangkan diri untuk mencapai karir dan masa depan cemerlang setelah kamu lulus nanti. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian pertimbangkan ketika mencari jurusan studi.

1. Jelajahi kesenangan dan kegemaran Kamu

Ini adalah langkah pertama dan yang paling penting untuk mencari tau. Jika suka berurusan dengan angka-angka, maka mungkin bidang finance atau akuntansi merupai program studi yang baik untuk kamu, jika kamu suka bangunan mungkin belajar teknik sipil atau arsitektur lebih baik.

Jika kamu gemar menggambar juga dengan mempelajari apa yang kamu Cintai dan passionate, kamu akan melihat bahwa kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan fokus yang lebih besar didalam belaiar. Kamu akan memperoleh lebih banyak pengetahuan dan informasi dari kursus dari pada mereka yang belajar hanya demi gelar.

Bergabunglah juga dengan klub-klub yang berjalan sesuai dengan yang kamu gemari, biarkan diri kamu terbuka untuk kegiatan baru, sastra dan bentuk media untuk melihat di mana kepentingan kamu berada.

Perhatian utama kamu akan terletak dalam melakukan sesuatu yang paling kamu nikmati dan meluangkan waktu paling banyak, bersamaan dengan hasil yang lebih baik dalam tugas sekolah terkait, mudah adaptasi akademis mereka jika Akan melanjutkan jeniang universitas

2. Tes Kepribadian Minat dan Bakat

Bila kamu seorang remaja. kemungkinan besar kamu masih akan berada dalam proses mencari identitas diri sendiri. Jangan khawatir, kami juga tahu kok orang-orang di usia tiga puluhan yang juga ternyata masih mencari jati diri mereka sendiri. Untuk membantumu untuk lebih memahami diri kamu, sebenarnya kamu juga bisa mencoba beberapa tes kepribadian yang dapat membedakan kecenderungan kepribadian kamu dan memberikan gambaran umum mengenai dirimu.

Contohnya tes kepribadian simpel yang sering dipakai adalah Test DISC. Tes ini mengklasifikasikan empat kecenderungan perilaku seseorang yang mengarah ke tipe kepribadian tertentu : Apakah Dominance (Dominan), Influence (Intim). Steadiness (Stabil) dan Conscientious (Cermat).

Pengembangan dari tes ini biasanya dikaitkan dengan tipe pekerjaan dan bidang studi tertentu yang sesuai dengan kepribadian individu tersebut. Adakalanya bagi siswa yang berkesempatan berkonsultasi dengan biro psikologi.

Mereka biasanya akan diberikan tes minat dan bakat (inteligensi) yang mampu memberikan saran-saran konstruktif mengenai jurusan studi yang sesuai dengan siswa tersebut. Tidak ada salahnya kamu mengeksplorasi semua tools yang ada dalam rangka mengambil keputusan yang tepat.

3. Berbicara dengan orang lain

Ketika kamu sudah merasa buntu, Cara yang terbaik adalah untuk meminta pendapat orang ataupun sharing dengan teman. Namun berhati-hatilah dengan kecenderungan untuk mengikuti tren ataupun terpengaruh oleh orang lain, yang mungkin belum tentu cocok dengan kamu.

Guru dan orang tua adalah yang baik bagi pengetahuan. Kamu juga dapat meminta pembimbing di sekolah kamu atau meminta orang lain dapat memberikan perspektif yang berbeda pada diri sendiri. Hanya cukup berkata jujur dan mereka akan memandu kamu untuk menemukan pilihan terbaik kamu.

Coba deh lakuin buat kalian yang masih bimbang dalam menetukan jurusan apa yang ingin dipilih, karena jangan sampai menyesal setelah memilih jurusan, ikuti kata hati dan passion kalian karena dengan begitu kalian dapat lebih mudah untuk memahami dan menpraktikannya dalam proses belajar maupun kerja nantinya. Jikalau sudah terlanjur memilih jalani saja dahulu ikuti pelan-pelan jangan cepat ambil keputusan untuk pindah jurusan.

Sumber Foto : pexel.com