-->

Iklan

Bhama
27 November 2019, 08:51 WIB
Last Updated 2019-11-28T06:21:39Z
Insight

Ciputra, Triliuner yang Memulai Bisnis Bermodal Rp 10 Juta

Advertisement


Gudnyus.id - Dr. (H.C.) Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. ia adalah seorang insinyur dan pengusaha ulung, Ia dikenal sebagai pengusaha properti yang sukses, seperti Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Ciputra juga salah satu pengembang real estate Indonesia, dan perusahaannya menjadi salah satu grup properti terbesar di negara ini dengan proyek tersebar di 33 kota di Tanah Air. Pada 22 Oktober 1981, Ciputra mendirikan perusahaan dengan nama PT Citra Habitat Indonesia dan pada tahun 1990 ia mengubah nama perusahaan menjadi PT Ciputra Development, yang dikenal sebagai salah satu perusahaan properti terdepan dan paling terdiversifikasi di Indonesia.

Dalam memabangun usahanya bukan hal yang aneh lagi bagi dia untuk jatuh bangun bahkan pernah, sudah jatuh tertimpa tangga pula namun dengan niat dan tekat yang kuat ia berhasil membuktikan dengan modal 10 juta rupiah ia membangan gurita bisnisnya dibidang development, bahkan Ciputra masuk kedalam 50 orang Terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Dalam majalah Forbes edisi 2019, Ciputra dan keluarga memiliki harta senilai US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp 15,40 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$), berada di urutan 18 di Indonesia.

Ciputra remaja bersekolah di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara. Usai tamat sekolah, dia memutuskan untuk pergi menuju Jawa. ia pun melanjutkan Pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Disnilah awal mula ia mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan, ia berhasil menyelesaikan studinya dengan gelar insinyur

Kariernya dimulai dari Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI. Di sana, dia menjabat sebagai direksi, setelah itu sebagai penasihat. 

bersama Sudono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolitan Group, dimana perusahan ini yang membangun perumahan elit Jakarta yaitu Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai.

Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group sedangkan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris. Akhirnya Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group. Banyak kendala yang dilalui salah satunya krisis tahun 1998 namun ia mampu bangkit bahkan melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri. 

Namun kini hanya tinggal kenangan dan pembuktian serta pengabdiannya untuk membantu membangun negeri, tepat pada tanggal 27 November 2019 puku 01:05 waktu Singapura Ciputra menghembuskan nafas yang terakhir, ia harus kembali kepada sang pencipta, selamat jalan Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group.

Kami keluarga besar Gudnyus.id mengucapkan Turut berduka yang mendalam atas kepergian beliau serta mendoakan keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran, kekuatan dan ketabahan.