Iklan

gudnyus
10 November 2019, 08:30 WIB
Last Updated 2019-11-29T09:45:05Z
Info

Pejuang Literasi dan Gudnyus Gelar Host Class, Ella: Kuncinya Santai

Advertisement

Gudnyus.id - Kebanyakan orang akan menolak ketika diminta dadakan untuk memandu suatu acara. Ada yang bersedia namun harus membuat persiapan diri dulu. Ada pula yang berani di awal namun kikuk saat sudah memegang mic di depan peserta acara.

Sebagai upaya untuk menghindari ketidaksiapan diri memandu acara, Pejuang Literasi dan Gudnyus berkolaborasi menyelenggarakan Host Class di Lantai 2 Wathon Kopi, Sabtu (9/11).

Kelas yang bertujuan untuk menambah wawasan dalam membawakan acara, moderator, atau presenter event lainnya ini menghadirkan seorang Host Berbakat, Flavia Donella sebagai narasumber.

Menurutnya, beberapa kesalahan yang dilakukan seorang pembawa acara pemula diantaranya adalah tidak melakukan persiapan yang memadai, berbicara dengan tingkat energi yang rendah, tidak melakukan kontak mata dengan peserta dan berdiri dengan kaku.

"Ada tiga hal utama yang harus kita kuasai saat menjadi pembawa acara, yaitu menguasai materi, peserta dan atmosfirnya. Di acara non formal kita juga perlu menciptakan suasana yang menyenangkan agar tidak monoton," ujar wanita yang akran disapa Ella ini.

Baca juga: Super Duper Keren, Testimoni Peserta Host Class Pejuang Literasi dan Gudnyus

Ella menilai grogi saat pertama kali tampil menjadi pembawa acara adalah hal lumrah. Ia mengungkapkan grogi juga dialaminya saat pertama kali tampil menjadi MC di acara Malam Keakraban Mahasiswa tahun 2017. Seiring dengan jam terbang dan kesiapan diri yang lebih baik, Ella meyakinkan rasa grogi akan mampu dikendalikan.

"Kuncinya santai, kalau kita santai dan menguasai materi hasilnya akan lebih baik. Persiapkan diri mulai dai mental, pakaian, make up dan suara. Makanya kita perlu juga melakukan pemanasan suara jauh hari sebelum tampil," jelas Ella.

Selain membagikan tips dan trik menjadi pembawa acara, di kelas terbatas ini Ella juga membimbing peserta untuk praktik tampil membuka acara. Satu persatu peserta kelas mendapat kesempatan mencoba menjadi seorang pembawa acara.