Iklan

Bhama
29 November 2019, 13:37 WIB
Last Updated 2019-11-29T06:37:20Z
Wow

Jangan Putus Asa! Ini Tips Saat Lamaran Kerja Selalu Ditolak

Advertisement

Gudnyus.id - Mencari kerja memanglah sulit sekarang ini, jangankan lulusan SMA, lulusan Sarjana pun sulit mendapatkan pekerjaan. Entah apa yang salah, dan siapa yang salah, terkadang kamu langsung berfikir yang tidak-tidak. Asal kamu tau ya, mencari pekerjaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi kamu menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Ada banyak faktor mengapa kamu kesulitan mencari pekerjaan. Mungkin karena persaingan yang kompetitif serta kualifikasi yang tidak sesuai, sampai tes yang sulitnya kelewatan. Karena hal tadi, tak jarang kamu merasa malas untuk mencoba kembali dan mulailah timbul rasa putus asa.

Dalam mencari janganlah kamu berputus asa, apabila sudah terlanjur putus asa coba deh lakukan hal dibawah ini dan coba kembali cari kerja :

1. Tidak Memilah-Milah pekerjaan

Saat pertama melamar pekerjaan kamu pasti melamar ke posisi yang sesuai dengan apa yang kamu sukai dan pelajari. Namun sayangnya, hal itu tidak bisa kamu dapatkan dengan begitu saja, ada orang yang menginginkan posisi itu, hanya ada segelintir orang yang bisa bekerja sesuai dengan keahliannya. Jika kamu bukan salah satu dari mereka, mungkin belum rezeki atau kamu memang bukan di sana, teruslah berusaha dan berdoa.

Untuk itu, jangan pernah terpaku pada satu bidang pekerjaan. Cobalah melamar pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidiaknmu. Siapa tau, di sana rezeki mu.

2. Jangan Berekspetasi Terlalu Tinggi

Kata Lulus atau Wisuda bukanlah tahap akhir dari mengenyam pendidikan dan mengejar impian, kalau kata itu kamu jadikan tolak ukur, sudah pasti kamu memiliki ekspektasi yang tinggi mengenai sebuah pekerjaan yang diinginkan.

Kebanyakan orang nih ya, semakin tinggi jenjang pendidikan, dan IPK kamu, semakin tinggi pula ekspektasi yang kamu harapkan. Namun kenyataannya di dunia kerja, IPK bukanlah segalanya. Memang tidak ada salahnya untuk berharap tinggi, tapi apabila akhirnya tidak sesuai dengan realitanya, ada baiknya kamu menurunkan sedikit ekspektasimu.

3. Cari Tau kenapa Kamu ditolak

Sebuah perusahaan tidak akan menolak pelamar kerja tanpa sebuah alasan. Dan perusahaan tidak akan mungkin memberitahu alasannya kenapa, maka dari itu kamu-lah yang harus mencari tahu sendiri alasan di balik penolakan tersebut.

Bisa jadi posisi yang kamu inginkan selama ini memiliki kualifikasi yang terlalu tinggi serta membutuhkan jam terbang yang tinggi, atau mungkin kemampuan kamu yang kurang maksimal di bidang tersebut. Kamu harus tetap berprasangka baik.

4. Pelajari lagi hal-hal baru

Selama kamu mencari dan menunggu, secara otomatis waktu yang kamu miliki akan lebih banyak bukan? Nah sambil mencari dan menunggu panggilan, coba pelajari hal-hal baru yang menarik minat kamu serta perhatikan tenaga kerja seperti apa yang dibutuhkan (ikuti trend) namun kamu tidak boleh lupa dengan jati dirimu.

Mempelajari sesuatu yang selama ini asing buatmu akan jauh lebih baik ketimbang kamu terus-terusan meratapi kegagalan dan juga melakukan hal yang tidak ada gunanya. Selain menambah pengetahuan, mencoba hal-hal  baru siapa tau bisa jadi jalan untuk memperluas jaringan.

Gimana tuh informasi diatas, silahkan kalian coba deh terutama untuk yang sedang berputus asa dalam mencari pekerjaan. Ingatlah rencana Tuhan jauh lebih indah, itu dapat dinilai dari bagaimana kita berusaha dan berdoa, selagi kita mau dan terus bergerak rezeki tidak akan pernah pergi dan menjauh sedikit pun.. SEMANGAT BUAT KAMU YANG LAGI MENCARI KERJA!!!
 
Foto : Pexels.com